Scroll to Top

Nvidia Tegra 4: Prosesor Quad Core, Grafis GeForce 72 Core

By Ditya / Published on Wednesday, 19 Dec 2012

Nvidia Tegra 4

Spesifikasi chipset Tegra 4 besutan Nvidia bocor di internet. Chipset yang menggunakan kode sandi Wayne ini kabarnya dilengkapi prosesor quad-core ARM Cortex-A15 dengan grafis dengan spesifikasi monster, yakni GeForce 72 core.

Bocoran spesifikasi chipset penerus Tegra 3 ini berbeda dari perkiraan sebelumnya yang mengatakan bahwa Tegra 4 mengusung prosesor 8 core. Berdasarkan bocoran yang berasal dari anggota forum Chip Hell China, Xonomorph, Tegra 4 masih sama dengan Tegra 3 yang mengusung 4+1 core prosesor.

Desain 4+1 core ini diklaim Nvidia sebagai solusi yang lebih efisien dibanding quad-core murni. Tambahan 1 core tersebut dinamakan core companion yang akan mengerjakan tugas-tugas ringan untuk menghemat baterai. Desain ini terbukti sukses di Tegra 3 yang digunakan pada HTC One X, tablet Surface RT, dan tablet Nexus 7.

Meski masih mengusung 4+1 core, chipset Tegra 4 ini jauh lebih powerfull ketimbang Tegra 3, karena Tegra 4 telah mengadopsi arsitektur terkini besutan ARM, yakni ARM Cortex-A15. Prosesor ARM Cortex-A15 sendiri telah digunakan di chipset Exynos 5 besutan Samsung.

Hal yang paling menarik dari bocoran chipset Nvidia Tegra 4 ini adalah spesifikasi GPU (Graphics Processing Unit) atau grafis yang diusungnya. Tegra 4 dulengkapi grafis dengan spesifikasi monster, yakni menggunakan GeForce ULP (Ultra-Low Power) dengan jumlah core yang sangat banyak, yakni 72 core.

Grafis Nvidia Tegra 4 mampu mendukung layar dengan resolusi 2560 x 1600 piksel, setara dengan grafis yang digunakan pada komputer desktop saat ini. Performa dalam menjalankan aplikasi grafis intensif seperti game juga diyakini akan menghasilkan performa yang jauh diatas pendahulunya, Tegra 3.

Seperti yang dilansir dari LegitReview (18/12/2012), chipset Tegra 4 ini adalah jawaban Nvidia untuk melawan dominasi Qualcomm dengan chipset Snapdragon dan Samsung dengan chipset Exynos-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda