Scroll to Top

Pi Store, App Store untuk Komputer Mini Raspberry Pi

By Ditya / Published on Wednesday, 19 Dec 2012

Pi Store

Sebuah kelompok dibalik komputer mini Raspberry Pi telah memperkenalkan toko aplikasi resmi yang mengusung nama Pi App Store. Toko aplikasi Pi Store ini akan menjadi tempat bagi pengguna komputer mini Raspberry Pi untuk mengunduh aplikasi.

Komputer mini Raspberry Pi sendiri adalah komputer berukuran kecil yang awalnya dikembangkan untuk pendidikan pemrograman di Inggris yang kini telah telah populer di kalangan antusias teknologi dan DIY (Do-It-Yourself). Dalam rangak mendukung Raspberry Pi, kini telah hadir toko aplikasi Pi App Store.

“Kami berharap Pi Store akan menjadi tempat one-stop shopping untuk semua kebutuhan komputer mini Raspberry Pi dan memnghadirkan cara yang lebih mudah bagi pemula untuk menemukan semua yang mereka butuhkan untuk Raspberry Pi mereka,” kata Eben Upton.

Pi Store menyediakan aplikasi untuk sistem operasi Raspbian OS yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh konten dan mengunggah konten miliknya ke Pi Store. Sejauh ini telah terdapat 23 aplikasi gratis dan 1 buah palikasi berbayar.

Aplikasi gratis yang ditawarkan di Pi Store antara lain LibreOffice, Asterisk, Freeciv, OpenTTD, dan Indium Rising. Jumlah aplikasi dan konten di Pi Store ini diharapkan akan terus bertambah seiring semakin banyaknya orang yang menggunakan komputer Raspberry Pi. Bagi yang telah memiliki Raspberry Pi, dapat menginstall Pi Store dengan mengetik perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get update && sudo apt-get install pistore

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (18/12/2012), Raspberry Pi sendiri mengusung spesifikasi yang cukup lumayan dengan ditenagai prosesor ARM11 dengan kecepatan 700MHz single-core dan dilengkapi berbagai fitur standar seperti slot SD card, port HDMI, port USB dan port Ethernet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda