Scroll to Top

Olahraga 15 Menit Sehari Bikin Hidup Tiga Tahun Lebih Lama

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Aug 2011

Siapa pun yang melakukan olahraga selama 15 menit setiap hari, memiliki harapan hidup sampai tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak aktif sama sekali. Hasil tersebut didapat dari penelitian di Taiwan terhadap 416 ribu peserta selama 13 tahun. Mereka dianalisa catatan kesehatannya dan harus melaporkan tingkat aktivitas fisik setiap tahunnya. Penelitian itu juga memperhitungkan berbagai indikator kesehatan, usia, berat badan, dan jenis kelamin.

Chi Pang Wen, pemimpin penelitian¬† Lembaga Penelitian Kesehatan Nasional Taiwan, mengatakan, cara berolahraga seperti ini cocok diterapkan siapa saja. “Kami berharap temuan ini akan membuat olahraga lebih menarik bagi orang yang tidak aktif, bahwa mereka dapat mengalokasikan 15 menit sehari,” kata Wen.

Penelitian yang dimuat jurnal medis The Lancet ini sekaligus menepis standar minimal untuk berolahraga saat ini, yaitu 30 menit setiap hari atau lima hari seminggu. Buat Anda yang masih menerapkan gaya hidup tidak aktif, sepertinya menyisihkan 15 menit per hari untuk berolahraga bukanlah masalah sulit. Anda bisa melakukan jalan cepat atau aktivitas lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda