Scroll to Top

Tips Mengatasi Kebiasaan Cemburu

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 19 Dec 2012

cemburu

Cemburu adalah hal yang wajar dimiliki oleh pasangan. Namun, ketika kecemburuan sudah menjadi sebuah kebiasaan maka bisa berujung masalah. Pasangan menjadi semakin tidak nyaman bersama Anda lantaran setiap tindakannya dicurigai.

Oleh karena itu, perlu bagi Anda yang memiliki kebiasaan cemburu untuk mengubah perilaku tersebut. Hubungan Anda akan lebih sehat setelah itu. Berikut ini ada empat tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan cemburu:

  1. Tulislah  daftar kebaikan yang membuat Anda berpikir positif. Daripada makan hati dengan memikirkan hal yang buruk saat cemburu terjadi, lebih baik menata pikiran Anda dengan berbagai ingatan yang membuat Anda tenang. Berbagai bentuk kebaikan dapat menginspirasi Anda menuju cara hidup yang lebih baik.
  2. Kendalikan kemarahan Anda. Cemburu sudah pasti akan disisipi oleh emosi kemarahan. Kendalikan emosi tersebut agar tidak meledak dan gunakan cara yang efektif untuk menunjukkannya pada kekasih Anda. Misalnya, fokuskan pikiran Anda untuk mengingatkannya pada tujuan hidup yang ingin diraih bersama dalam hubungan. Cemburu tidak perlu harus marah-marah.
  3. Remajakan hubungan Anda. Jika Anda sedang mencemburuinya, tidak ada salahnya justru  bersikap romantis. Cara ini bisa menggairahkan rasa cinta Anda dan dia, agar bersemi kembali. Dengan begitu, Anda tidak perlu harus perang urat syaraf dengannya.
  4. Komunikasikan kecemburuan kepada pasangan. Komunikasi adalah hal paling penting dalam hubunga. Komunikasi akan membuka pikiran Anda dan dia terhadap suatu masalah yang dihadapi, termasuk terkait masalah yang dicemburui. Tetap kendalikan emosi dan berpikir dengan jernih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda