Scroll to Top

Kulit Apel Bisa Mencegah Obesitas

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 20 Dec 2012

kulit apel

Kulit apel memiliki manfaat untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Sehingga, kulit apel sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet untuk mencegah obesitas. Demikian menurut studi Universitas Iowa.

Kulit apel mengandung zat lilin yang disebut ursolic acid. Zat ini membantu tubuh untuk meningkatkan otot dan lemak coklat. Lemak coklat adalah lemak yang dimiliki oleh bayi dan menghilang ketika menginjak usia kanak-kanak. Seperti dikutip Times of India, lemak coklat berperan dalam mengurangi tingkat obesitas,menyehatkan gula darah dan lipid darah. Peneliti meyakini lemak coklat dapat mencegah obesitas dan diabetes.

Jumlah lemak coklat pada orang dewasa sangat terbatas. Sebagian orang dewasa yang mampu mempertahankan lemak ini, biasanya ditemukan pada leher dan di antara tulang belikat.

Pada studi ini, peneliti mengujicobakan pada tikus. Ketika tikus diberikan suplemen ursolic acid, kalori mereka terbakar lebih banyak. Risiko terkena obesitas, pradiabetes, dan penyakit lemak hati menurun dibandingkan dengan tikus yang tidak menerima suplemen. Bahkan, kandungan dalam kulit apel tersebut menghindarkan tikus dari beberapa efek berbahaya.

“Karena otot sangat baik dalam membakar kalori, peningkatan otot pada pengobatan dengan ursolic acid  mungkin cukup menjelaskan bagaimana ursolic acid dapat mengurangi obesitas. Namun, kami terkejut menemukan bahwa asam ursolat juga meningkatkan lemak coklat, sebuah pembakar kalori yang fantastis. Peningkatan lemak coklat juga turut membantu melindungi terhadap obesitas,” kata Adams, peneliti dalam studi ini.

“Ursolic acid meningkatkan otot rangka. Menariknya, itu juga mengurangi obesitas, pra-diabetes, dan penyakit lemak hati,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda