Scroll to Top

Perlu 36 Menit untuk Bangun Setelah Weker Berbunyi

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 20 Dec 2012

bangun pagi

Walau pun suara weker sudah berbunyi kencang, seringkali banyak orang yang tidak mampu untuk langsung bangun. Mereka lebih suka hanya mematikan weker dan memutuskan untuk tidur kembali. Dan, menurut sebuah survey di Inggris, orang memerlukan waktu hingga lebih dari setengah jam untuk bisa benar-benar terjaga setelah bunyi weker berbunyi.

Studi yang dilakukan  Radox ini mengamati pengaruh suara terhadap aktivitas bangun pagi seseorang. Selain itu, diamati pula pengaruh suara terhadap perubahan mood yang dialami oleh seseorang.

Dari survey itu, sekitar 17 persen responden  mengaku sebagai orang pagi atau terbiasa beraktivitas di pagi hari. Dua dari tiga orang responden mengatakan mereka biasanya menunda bangun lebih lama jika terdengar suara bising alami dari ramainya aktivitas pagi hari. Namun, saat mendengar alarm jam atau weker, mereka menunda untuk bangun antara 14-36 menit sebelum akhirnya benar-benar terbangun.

Sementara itu, saat seseorang terbangun dengan kicauan burung atau suara ayam berkokok, 73 persen responden mengatakan bangun dengan mood yang positif. Dan, 66 persen responden mengaku terjaga dengan penuh motivasi saat bangun di pagi hari.  Sekitar 15 persen responden merasa memiliki tubuh yang sehat selama beberapa bulan terakhir.

Inilah daftar suara yang bisa membangunkan seseorang dengan perasaan senang menurut studi ini:

  1. Kicau burung
  2. Kokok ayam
  3. Suara terjangan ombak
  4. Lonceng angin
  5. Alunan piano
  6. Simfoni orkestra

Lonceng gereja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda