Scroll to Top

Instagram Bantah akan Jual Foto Pengguna

By Ditya / Published on Thursday, 20 Dec 2012

Instagram

Setelah mendapatkan kritik tajam dari berbagai pihak, layanan foto sharing Instagram akhirnya angkat bicara. Instagram menegaskan bahwa pihaknya tak akan menjual foto pengguna pada pengiklan, meski hal yang sebaliknya tertulis di privacy policy Instagram.

Perubahan pernyataan pada privacy policy Instagram yang akan menjual foto pengguna untuk pengiklan beberapa waktu lalu memang menyulut kemarahan pengguna juga mengundang kritik dari berbagai pihak. Kini masalah ini ditanggapi oleh Instagram melalui posting blog dari pendiri sekaligus CEO Instagram, Kevin Systrom.

Melalui posting blog tersebut, Kevin Systrom mengatakan bahwa Instagram telah mendengar keluhan pengguna dan segera memperbaiki kesalahan yang terjadi sekaligus menegaskan bahwa Instagram tak bermaksud untuk menjual foto pengguna pada pihak manapun termasuk pengiklan.

Layanan foto sharing yang telah diakuisisi Facebook ini berdalih bahwa ada kesalahan tafsir pada privacy policy Instagram yakni “experiment with innovative advertising”. Sayangnya, Instagram juga tak menjelaskan apa maksud tagline tersebut.

“Ini bukan maksud kami untuk menjual foto Anda. Kami sedang bekerja untuk memperbarui bahasa yang digunakan pada privacy policy untuk membuat semuanya menjadi jelas,” tulis Kevin Systrom, CEO Instagram.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (19/12/2012), Instagram juga menegaskan bahwa mereka tak memiliki niat untuk menggunakan foto pengguna sebagai bagian dari strategi iklan serta mengatakan bahwa foto-foto tersebut adalah milik pengguna dan bukan milik Instagram.

Pengguna internet dan sosial media saat ini telah belajar banyak mengenai masalah privasi, sehingga ketentuan peraturan privasi pada sebuah jejaring sosial menjadi hal yang sensitif bagi pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda