Scroll to Top

Twitter Akhirnya Rilis Fitur Download Arsip Tweet

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 20 Dec 2012

Twitter Archive

Twitter akhirnya merilis fitur download arsip tweet. Dengan fitur ini maka pengguna bisa mengunduh seluruh tweet yang pernah ditulis di linimasa sejak gabung dengan Twitter hingga hari ini.

Dick Costolo ternyata menepati janjinya. Fitur yang ia janjikan di penghujung akhir tahun ini akhirnya benar-benar nongol. Setidaknya Twitter telah memersembahkan dua kejutan pada penggunanya di akhir 2012 ini.

Kejutan pertama adalah foto filter ala Instagram. Delapan foto filter telah disuntikkan di aplikasi mobile untuk Android dan iOS. Dan kini adalah fitur download arsip tweet. Lantas apa yang spesial dari fitur tersebut?

Twitter akan menyajikan arsip Twitter per bulan tiap tahunnya. Tak hanya tweet saja yang bisa diunduh, retweet pun juga termasuk di dalamnya. Ingin mengunduh arsip tweet dalam kurun periode tertentu? Sila search berdasarkan waktu atau bahkan kata kunci, topik, tagar, dan username.

“Hari ini kami memerkenalkan sebuah fitur yang memiliki kemampuan untuk mengunduh arsip Twitter, semua tweet yang telah Anda tulis termasuk retweet dari awal hingga sekarang,” tulis Mollie Vandor, User Services Engineering Team Twitter di Twitter Blog.

Untuk menemukan fiturnya sangat mudah. Tinggal masuk ke opsi ‘Setting’ di web Twitter, gulir ke bawah hingga menemukan tombol ‘Request Your Twitter Archive’. Bila tidak menemukan tombol tersebut, sila mencobanya besok atau lusa. Twitter menjelaskan dalam statement-nya berikut.

“Jika Anda tak menemukan opsi unduh di menu Setting hari ini, sebab fitur tersebut diterapkan secara ‘perlahan’ dengan prosentase mikro di sebagian besar pengguna yang menset Bahasa Inggris sebagai default. Kami akan menerapkannya ke seluruh pengguna di dunia dalam beberapa minggu ke depan,” lanjut Mollie Vandor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda