Scroll to Top

FB Sempurnakan Fitur Nearby, Jadikan Search Engine Lokasi?

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 20 Dec 2012

Facebook Nearby

FB sempurnakan fitur Nearby di aplikasi Android dan iPhone. Jika menelusuri lebih dalam fitur baru Facebook tersebut, terkesan jejaring sosial populer sejagat ini ingin jadikan Nearby sebagai search engine lokasi.

Setidaknya ada dua fitur yang dimutakhirkan. Pertama fitur Find New Places dan kedua adalah fitur berbagi lokasi dalam Share Places With Friends.

Dengan Find New Places pengguna bisa menemukan lokasi yang diinginkan atau direkomendasikan oleh teman. Pengguna bisa check-in di lokasi tersebut, menyukainya (like), memberikan rating, dan lainnya.

Jika ingin mencari lokasi berdasarkan kategori tertentu, sila pilih kategori yang ada. Misalnya restoran atau kafe. Nantinya Facebook Nearby akan mencari lokasi terdekat berdasarkan lokasi atau sesuai dengan rekomendasi pengguna.

Share Place with Friends memberikan interaksi yang lebih luas akan berbagi lokasi dengan teman. Pengguna bisa merekomendasikan lokasi, check-in, memberi rating, atau menyarankan lokasi ke teman.

Facebook dalam rilis persnya menulis jika fitur ini hanya awal dari serangkaian fitur baru yang bakal disuntikkan di Facebook Nearby. Pun juga Facebook berencana akan menambahkan lokasi berdasarkan data dan informasi aplikasi terkait pihak ketiga.

Dengan segala kemampuan fitur Facebok Nearby yang ada, mungkinkah Facebook ingin menjadikan fitur ini sebagai mesin pencarian lokasi, dan bagaimana dengan nasib jejaring sosial berbasis lokasi lainnya?

Fitur pemberian rating lokasi sangat serupa dengan apa yang dimiliki Yelp. Pun juga rekomendasi dan saran lokasi sudah ada jauh hari di Foursquare.

Jika Facebook benar-benar menambahkan fitur-fitur baru yang lebih inovatif di Facebook Nearby, mungkin saja fitur ini akan menjadi mesin penelusuran lokasi.

Pemutakhiran fitur Facebook Nearby sudah bisa dinikmati di aplikasi Facebook untuk Android dan iPhone terbaru. Untuk pengguna Android sila unduh di sini dan pengguna iPhone sila unduh di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda