Scroll to Top

Menuai Kritik Pedas, Instagram Ubah Kebijakan Privasi Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Friday, 21 Dec 2012

Instagram

Akibat menuai banyak kritik, Instagram akhirnya mengubah kebijakan privasi pengguna. Jika sesuai dengan rencana, perubahan Term Of Service (TOS) ini akan mulai berlaku pada 19 Januari tahun depan.

Hujan kritik deras ke Instagram terkait polemik kepemilikan foto yang didera jejaring sosial berbasis foto Kevin Systrom ini. Beberapa hari yang lalu misalnya muncul kegaduhan yang menyebut jika Instagram menjual foto pengguna ke pihak ketiga sebagai konten iklan.

Fokus yang diangkat dalam perubahan kali ini memang terkait dengan hak kepemilikan foto atau copy right. Untuk menengahinya Instagram memilih untuk mengembalikan ke versi asli sesuai dengan TOS pada Oktober 2010 lalu.

“Karena umpan balik yang telah kami dengar dari Anda, maka kami mengembalikan policy yang ada sesuai dengan versi original saat layanan ini diluncurkan pada bulan Oktober 2010,” tulis Kevin Systrom di Blog Instagram.

Salah satu poin perubahan yang cukup penting adalah penghapusan kalimat yang menyatakan jika pengiklan tanpa kompensasi dapat menggunakan foto pengguna sebagai konten iklan. Perubahan ini penting senada dengan apa yang disangkalkan Kevin Systrom beberapa hari yang lalu.

Polemik yang didera Instagram menyandera sejumlah pengguna. Banyak dari mereka yang mengancam akan hengkang dari jejaring sosial berbasis foto terpopuler ini. Bahkan akun National Geographic harus menunda postingan foto-foto terbaiknya.

Bagi Anda pengguna Instagram yang ingin mengetahui dan memelajari lebih lanjut tentang TOS baru Instagram yang dimutakhirkan sila ikuti tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda