kiamat 2012

Hari ini adalah hari Jumat 21 Desember 2012, hari dimana isu kiamat 2012 terjadi. Namun, kiamat tidak terjadi dan malah muncul teori kiamat baru yang mengatakan bahwa kiamat 2012 akan terjadi antara tanggal 21-23 Desember 2012, benarkah?

Mari kita bongkar kebenaran isu kiamat 2012 berdasarkan jawaban dari ilmuwan NASA yang menanggapi berbagai teori terjadinya kiamat 2012.

Kalender Bangsa Maya

Isu kiamat 2012 ini memang berawal dari penanggalan bangsa Maya yang berakhir pada tanggal 21 Desember 2012. Meski keturunan bangsa maya sendiri tak mempercayai isu kiamat ini, tapi ada saja orang yang mempercayainya. Akhir penanggalan bangsa Maya ini adalah akhir dari siklus penanggalan dan akan berganti dengan siklus penanggalan baru, bukan terjadi kiamat.

Planet Nibiru?

Teori planet Nibiru ini cukup populer. Planet Nibiru adalah planet Sumeria kuno yang diperkirakan akan menabrak Bumi dan menyebabkan kiamat. Namun, NASA dengan tegas membantah hal ini dan mengatakan bahwa planet Nibiru tidak ada.

Segarisnya Anggota Tata Surya

Ada juga teori yang mengatakan bahwa kiamat 2012 terjadi karena Bumi, matahari, dan planet lainnya berada satu garis lurus. Namun, tiga astronom menjelaskan bahwaa hal ini memang terjadi setiap bulan Desember dan bukan merupakan tanda kiamat.

Matahari Penyebab Kiamat

Sama dengan bintang lainnya, matahari juga memiliki ini hidrogen yang kelak akan semakin luas dan akan menelan planet-planet disekitarnya. Namun, bukan berarti hal ini terjadi bulan Desember 2012. Ilmuwan NASA menjelaskan bahwa secara teori peristiwa ini bisa terjadi setidaknya 5 miliar tahun lagi.

Ditabrak Asteroid

Teori Kiamat yang disebabkan oleh asteroid bukanlah teori yang baru, teori ini sudah ada sejak dulu. Menurut NASA, saat ini tak ada asteroid dengan ukuran yang membahayakan yang akan menabrak Bumi.

Polar Shift

Salah satu rumor internet tentang kiamat pada tanggal 21 Desember adalah bahwa Bumi akan bergeser pada porosnya. Astronom Andrew Fraknoi menjelaskan bagaimana itu hanya tidak mungkin untuk mengubah cara planet kita berputar dalam satu hari.

Kesimpulannya, sampai saat ini teori yang beredar tentang kiamat 2012 tidak berdasar. Kita sebagai umat yang beragama seharusnya tidak mempercayai isu-isu kiamat seperti yang ada saat ini, karena kiamat bukan di tangan manusia, melainkan Tuhan dan hanya Tuhan yang tahu.