Scroll to Top

Makan Bawang Putih Mentah Bisa Cegah Serangan Jantung

By C Novita / Published on Friday, 21 Dec 2012

makan bawang putih mentah

Bawang putih telah lama diketahui mengandung manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Namun sayang, dalam pengolahan bawang putih sebelum dikonsumsi biasanya banyak zat berharga pada bumbu dapur itu yang hilang.

Ini karena proses pemasakan yang membuat nutrisi yang dikandung bumbu masak ini menjadi rusak dan hancur hingga menjadi tak maksimal manfaatnya bagi tubuh.

Dikutip dari situs Boldsky, makan bawang putih mentah ternyata terbukti lebih sehat dibanding dengan yang telah dimasak. Bawang putih cincang atau tumbuk yang langsung dikonsumsi mengandung hydrogen sulfida yang bermanfaat untuk kelancaran sirkulasi darah.

Selain itu, mengunyah bawang putih mentah dapat menurunkan tekanan darah hingga kemungkinan stroke atau serangan jantung dapat dicegah.

Antioksidan pada bawang putih mentah pun cukup tinggi sehingga baik untuk mencegah kanker. Anda yang perokok, cobalah untuk mengunyah bawang putih sebelum dan sesudah merokok agar terhindar dari kanker.

Selain itu, jika Anda sedang menderita radang tenggorokan, maka mengkonsumsi bawang putih mentah pun bisa jadi salah satu obat yang manjur. Ini karena ia punya kemampuan anti-inflamasi yang ampuh.

Bawang putih juga anti bakteri yang dapat membantu menyembuhkan infeksi perut dan membantu proses pencernaan.

Anda yang menderita arthritis alias nyeri sendi, maka bawang putih bisa membantu meredakan nyerinya. Caranya cukup dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih, kemudian basahi selembar kain dengan air hangat atau panas. Lilitkan kain dan bawang putih ke lutut yang terasa sakit. Diamkan hingga nyerinya hilang.

Nah, banyak sekali manfaat dari bawang putih mentah, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda