Scroll to Top

Microsoft Mengucapkan Ulang Tahun Pada Linux

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 18 Aug 2011

Sebuah animasi yang dibuat Microsoft untuk memperingati 20 tahun kernel Linux muncul hari ini saat direktur eksekutif Linux Foundation Jim Zemlin melakukan pembukaan di LinuxCon. Video tersebut secara komikal menggambarkan rivalitas antara Linux dan Windows, namun di akhir, bahwa saling berdampingan memang mungkin antara kedua pihak ini.

Hubungan antara Microsoft dengan Linux adalah salah satu topik yang dibicarakan Zemlin saat pembukaan. Dia mengutip pernyataan klasik dari Steve Ballmer, CEO Microsoft pada 2001, yang menyebut Linux sebagai kanker. Namun Zemlin menyatakan bahwa Microsoft salah satu kontributor besar dari kernel Linux versi 3 dilihat dari volume kodenya.

Kontribusi kode dari Microsoft kebanyakan berada di peningkatan dukungan untuk menjalankan Linux di aplikasi virtualisasi milik Microsoft yaitu Hyper-V. Ini artinya ada kesadaran pentingnya penyebaran mixed-platform antara pelanggan Microsoft. Sudah jelas Microsoft butuh untuk mendukung Linux dan open source software agar tetap bisa bersaing di pasar server.

Di beberapa tahun terakhir, Microsoft membuat hubungan dengan Apache Software Foundation dan beberapa komunitas kunci dalam pasar server. Ini jelas bahwa Microsoft ingin meningkatkan hubungannya dengan Linux. Tertarik lihat video yang sudah disebutkan? Lihat disini. (via Ars Technica)

One thought on “Microsoft Mengucapkan Ulang Tahun Pada Linux”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda