Scroll to Top

Paten Baru Apple Yang Menanamkan Antena Ke Keyboard

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 18 Aug 2011

Apple ingin sekali menghilangkan gangguan berupa antena pada produknya. Maka dari itu ada paten baru lagi yang diajukan Apple, dimana paten tersebut berupa cara mengintegrasikan antena selular ke MacBook dan iMac keyboard, khususnya dengan cara memasang antena dibawah tombol-tombol keyboard.

Menurut Patently Apple, yang dikutip oleh Ars Technica,  ini adalah paten Apple keempat kalinya yang berhubungan dengan selular dan kedua kalinya berupa usaha untuk menghilangkan antena selular itu sendiri. Mungkin akan ada MacBook 3G/4G nantinya?

Desain dan posisi dari antena tersebut adalah masalah penting yang sepenuhnya disadari Apple. Baru saja diketahui bahwa penerimaan sinyal iPhone 4 menurun tajam saat pengguna menyentuh antenanya. Dan dulu sekali, pengguna MacBook Pro memiliki kesulitan memakai Bluetooth dengan perangkat lain, seperti misalnya Magic Mouse, dimana antena Bluetooth ada dalam notebook.

Dalam paten tersebut, antenanya tersembunyi dibawah tombol keyboard agar meningkatkan penerimaan dan efisiensi transmisi. Maka idealnya, antenya diposisikan di tombol yang jarang digunakan. Menurut diagramnya, beberapa antena individual ditempatkan di beberapa tombol dan perangkatnya akan menggunakan informasi secara real-time untuk menggunakan antena mana yang terbaik dalam menerima sinyal.

Paten tersebut tidak menjelaskan secara spesifik antena macam apa yang ditanamkan ke keyboard. Bisa antena WiFi, bisa antena Bluetooth, atau antena untuk komunikasi selular (penerimaan sinyal 3G/4G). Jenis sinyal nirkabel yang akan diterima antena tersebut ataupun ditransimiskan antena tersebut tergantung konfigurasi antenanya.

Jadi, jika ada dalam keyboard iMac, maka akan meningkatkan penerimaan periferal Bluetooth, dan jika dalam keyboard MacBook, bisa untuk penerimaan WiFi atau selular.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda