Scroll to Top

Persib: Maman Ungkap Rahasia Sering Gagal Di Luar Kandang

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 24 Dec 2012

Persib Bandung memang memiliki tradisi negatif, yakni selalu meraih hasil yang kurang maksimal jika harus bermain di luar kandang. Seluruh punggawa Persib mengakui hal itu, termasuk Maman Abdurahman.

Ketika dimintai konfirmasinya, Maman Abdurahman tidak menampik hal tersebut. Maman menilai jika salah satu penyebab Persib sulit memeroleh kemenangan di kandang lawan karena para pemainnya selalu pesimistis.

Rasa pesimistis itu termasuk terhadap kepemimpinan wasit. Alhasil Maman berharap seluruh pemain harus segera mengubah pandangan negatif terhadap kinerja pengadil pertandingan.

“Secara pribadi, saya beranggapan kami harus segera keluar dari pandangan-pandangan yang bisa mengurangi rasa percaya diri. Maksudnya kalau mau main tandang, kami sering memikirkan kendala nonteknis. Misalnya curiga wasit akan bertindak tidak adil, hal itu akan membebani tim” ungkap Maman Abdurahman.

Maman juga mengakui jika kinerja para pengadil lapangan yang dimiliki Indonesia memang masih sering mengeluarkan putusan-putusan kontorversial.

Namun menurut Maman, hal itu bisa dikikis secara perlahan asalkan para punggawa Persib mulai berpikir lebih positif.

Apabila faktor yang bisa memengaruhi penurunan mental tersebut sudah hilang, Maman yakin peluang menjuarai Indonesian Super League (ISL) akan semakin terbuka lebar.

Selain kekompakan tim dan fisik yang prima, menurut Maman motivasi tinggi untuk memenangi semua pertandingan juga harus segera terbentuk.

“Menurut saya sih begitu, motivasi tim jadi berkurang saat tampil di kandang lawan karena belum juga pertandingan dimulai pikiran sudah ke mana-mana. Sekarang, secepatnya pandangan itu harus dihilangkan” tambah Maman seperti yang dilansir Pikiran Rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda