Scroll to Top

Inilah Cara Facebook Menggeruk Pendapatan dari Penggunanya

By Ibnu Azis / Published on Monday, 24 Dec 2012

Mark Zuckerberg

Bagaimana cara Facebook memeroleh pendapatan? Satu jawaban yang pasti yakni melalui pintu iklan. Namun tahukah Anda iklan yang ada di Facebook memiliki tipe yang beragam? Nah berikut cara Facebook mengeruk pendapatan dari penggunanya.

1. Cerita bersponsor (Sponsored Stories)

Facebook merilis fitur ini pada tahun 2011 lalu. Tahukah Anda dari fitur iklan ini Facebook bisa meraup pendapatan hingga USD 1 juta per hari? Wow, angka yang fantastis. Namun Facebook berkali-kali terjungkal akibat gugatan pengguna yang keberatan bilamana nama dan gambar mereka digunakan dalam iklan.

2. Iklan mobile di aplikasi Facebook

Tak hanya getol di web, iklan juga bersliweran di aplikasi Facebook mobile. Fitur iklan ini dirilis pada pertengahan tahun 2012. Pada kuartal ketiga tahun ini – hanya beberapa bulan setelah Facebook meluncurkan model iklan tersebut – mereka mampu menghasilkan USD 139 juta dari iklan mobile atau 14% dari total pendapatan iklan.

3. Iklan mobile pihak ketiga

Jangan kira setelah Anda log out dari Facebook tak akan mendapati iklan mereka. Bulan September lalu Facebook melakukan pengujian untuk menempatkan iklan mobile di aplikasi fihak ketiga yang menggunakan data dan informasi pengguna Facebook. Sejenis ‘pertukaran iklan’ dengan memromosikan sebuah web atau menyediakan link unduh sebuah aplikasi.

4. Promoted post

Ingin posting Anda dilihat lebih banyak pengguna? Manfaatkan promoted post. Tarifnya sangat terjangkau hanya USD 7 atau sekitar Rp 60 ribu. Bilamana yang menggunakan fitur ini 1 juta pengguna atau 10 juta atau bahkan 100 juta pengguna, tinggal mengalikan saja berapa yang dikantongi Facebook.

5. Facebook Gift

Fitur ini cukup menarik namun sayangnya hanya tersedia di AS saja. Diluncurkan pada bulan September lalu pengguna bisa mengirim hadiah (gift) sungguhan ke teman atau kerabat di Facebook. Lantas berapa tarifnya? Hanya sekitar USD 5.

6. Pesan berbayar

Fitur ini memancing kontroversi. Facebook menerapkan tarif di setiap pesan yang dikirim pengguna ke pengguna tertentu. Dengan USD 1 saja, Anda bisa mengirimkan pesan Facebook ke pengguna yang tak dikenal sekalipun atau bahkan pesan ini akan menyasar ke banyak pengguna sekaligus. Sebelumnya pesan ke pengguna asing akan masuk di folder spam.

7. Video iklan

Dan inilah fitur yang terakhir. Mulai bulan April 2013, di Facebook web dan mobile nantinya akan muncul video iklan 15 detik di news feed pengguna. Parahnya lagi video ini akan auto play atau otomatis dimainkan tanpa perlu action klik pengguna. Semakin runyam saja bukan monetisasi Facebook?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda