Scroll to Top

Peristiwa dan Momen Spesial di Media Sosial Sepanjang Tahun 2012

By Ibnu Azis / Published on Monday, 24 Dec 2012

Lost in social media

Tahun 2012 tinggal menghitung hari. Sepanjang tahun ini, telah terjadi momen-momen spesial di media sosial dari bulan Januari hingga Desember. Dan berikut peristiwa dan momen spesial di media sosial sepanjang tahun 2012.

1. Januari

Di awal tahun, Pinterest diganjar sebagai Best New Startup tahun 2011. Lonjakan yang cukup signifikan kala itu bahkan melebihi LinkedIn. Presiden Barack Obama bulan Januari menggelar sesi Google+ Hangouts pertama. Facebook Timeline mulai diluncurkan dan Anonymous melakukan serangan LOIC terhadap SOPA PIPA.

2. Februari

Bulan Februari terkuak data jika rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna Google+ hanya 3,3 menit per bulan. Angka ini jauh jika dibandingkan Facebook yang mencapai 7,5 jam per bulan. Pengguna internet China memanfaatkan filter longgar Google+ dan memosting topik miring seputar kampanye pemilu Barack Obama.

3. Maret

Facebook merilis aplikasi Messenger untuk Windows. Di Youtube video Kony 2012 mampu membuka mata dunia dengan 87 juta view dalam tempo singkat.

4. April

Bulan Maret dunia dikejutkan dengan akuisisi Facebook atas Instagram senilai USD 1 miliar. Video Kony 2012 mengalami lonjakan 1 juta view hanya dalam tempo 1 minggu di Youtube. Majalah TIME membuat kejutan dengan mengganjar ‘Anonymous Group’ sebagai The Most Influential Person. Bulan ini juga menjadi awal baru terintegrasinya email addresses dan Timeline Facebook.

5. Mei

Bulan Mei 2012 Facebook memutuskan untuk melantai bursa. Harga saham dibuka di Nasdaq dengan USD 38. Sayangnya saham FB belum cukup beruntung dan terus tergelincir seakan tak memiliki rem.

6. Juni

Terungkap data bila 33% pengguna Twitter yang sedang aktif nge-tweet ternyata sedang menikmati siaran televisi. Prestasi buruk harus diterima Google+ tatkala terungkap fakta bila 30% pengguna jejaring sosial plus-plus ini tak pernah menulis status lagi setelah menulis posting pertama mereka.

7. Juli

Di Amerika Serikat pengguna media sosial negeri Paman Sam mengalami lonjakan waktu selama menggunakan media tersebut dari 88 miliar menit menjadi 121 miliar menit. Fakta baru terungkap jika satu dari tiga pengguna berusia 18 – 24 tahun bermedia sosial dari kamar mandi! Sedangkan 51% pengguna berusia 25 – 34 tahun bermedia sosial tatkala bekerja.

8. Agustus

Pinterest kembali menorehkan rekor baru. Sebanyak 80% pin di Pinterest telah di-repin (retweet di Twitter). Sedangkan Intagram berhasilmengalahkan Twitter dalam daily active users (DAU) dengan 7,3 juta dan miliki 80 juta pengguna. Presiden Barack Obama merespon pernyataan Clint Eastwood di Twitter dan kala itu menjadi retweet termasif dari Republican National Convension.

9. September

Facebook mengumumkan telah miliki 1 miliar pengguna. Ini sama dengan negara berpenduduk terbanyak ke-3 di dunia. 10 September Facebook miliki 17 miliar lokasi yang disematkan di postingan. Sedangkan LinkedIn menorehkan rekor dengan 175.000 pengguna baru dalam sehari.

10. Oktober

Bulan ini menjadi bulan emas bagi saham FB. Harganya melonjak menjadi USD 21,83. Memang masih jauh dari harga awal mereka (USD 38) namun memberikan angin segar bagi Mark Zuckerberg dkk. Sedangkan Brasil menjadi negara dengan postin Facebook termasif di dunia.

11. November

Tatkala terpilih kembali sebagai Presiden AS untuk kedua kalinya, Barack Obama di Facebook dan Twitter mengukir rekor dengan retweet termasif dan like terbanyak. Sementara itu Instagram resmi merilis situs web mereka.

12. Desember

Paus Benekditus XVI akhirnya bergabung dengan Twitter dan memosting tweet pertamanya. Sementara itu video Gangnam Style menjadi video paling terpopuler sejagat dengan 1 miliar view di Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda