Scroll to Top

Giada Siapkan Komputer Desktop dengan Prosesor ARM

By Ditya / Published on Monday, 24 Dec 2012

Giada Q10 ARM

Giada, produsen komputer yang terkenal dengan produk komputer berukuran mungil ini memperkenalkan dua komputer desktop berbasis prosesor ARM. Seperti yang kita tahu, prosesor ARM adalah prosesor yang biasa digunakan sebagai dapur pacu tablet atau smartphone.

Tak seperti komputer desktop besutan Giada sebelumnya yang ditenagai oleh prosesor x86 buatan Intel dan AMD dan menggunakan sistem operasi Windows atau Linux, Giada akan merilis dua komputer desktop yang ditenagai oleh prosesor ARM, yakni Giada Q10 dan Q11.

Kedua komputer desktop ini ditenagai oleh chipset Allwinner A10 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A8 single-core dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan didukung grafis dari Mali 400.

Tak hanya itu, komputer mini besutan Giada ini dibekali beberapa fitur standar komputer desktop seperti 5 port USB 2.0, port ethernet, port VGA, HDMI dan tak lupa hadirnya card reader. Giada Q10 dapat menggunakan RAM hingga 4GB sedangkan Q11 dapat menggunakan RAM hingga 8GB.

Jika komputer yang menggunakan prosesor x86 seperti buatan Intel dan AMD menggunakan sistem operasi Windows atau Linux, maka Giada Q10 dan Q11 yang ditenagai prosesor ARM ini dapat menggunakan sistem operasi Android, Ubuntu, atau Bodhi Linux.

Seperti yang dilansir dari TG daily (23/12/2012), tampilan komputer desktop Giada Q10 dan Q11 ini terlihat seperti Router karena ukurannya yang mungil. Giada membekali komputer Q10 dan Q11 dengan baterai berkapasitas 1500mAh.

Sayangnya, sampai berita ini diturunkan, tak ada keterangan resmi kapan komputer desktop yang ditenagai oleh prosesor ARM ini dirilis ke pasar. Tampaknya Giada akan memamerkan komputer Q10 dan Q11 di ajang CES 2013 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda