Scroll to Top

Pi-to-Go, Ubah Komputer Mini Raspberry Pi Jadi Konsol Portabel

By Ditya / Published on Monday, 24 Dec 2012

Pi to Go

Pi-to-Go, adalah sebuah proyek konsol portabel yang dikembangkan dari komputer mini Raspberry Pi. Komputer mini Raspberry Pi ini memang kecil-kecil caber rawit, meski berukuran kecil, Raspberry Pi dapat diubah menjadi apa saja tergantung kreatifitas pemiliknya.

Sebelumnya, komputer mini Raspberry Pi ini telah diubah menjadi sebuah super komputer dengan menggabungkan puluhan komputer Raspberry Pi, kemudian kaca mata penerjemah yang juga dibuat dengan basis Raspberry Pi. Kini muncul konsol game portabel berbasis komputer mini Raspberry Pi.

Sebuah proyek bernama Pi-to-Go besutan Nathan Morgan akan mengubah komputer mini Raspberry pi menjadi sebuah konsol portabel. Proyek Pi-to-Go adalah proyek DIY (Do-it-Yourself) yang awalnya dikembangkan untuk membuat notebook atau PC portabel berbasis Raspberry Pi. Namun, Pi-to-Go ini malah lebih mirip konsol game portabel ketimbang PC.

Nathan Morgan menciptakan custom 3D case sebagai wadah untuk menempatkan komponen tambahan seperti wireless keyboard dan layar LCD berukuran kecil dengan resolusi mencapai 640 x 480 piksel. Meski kecil, proyek Pi-to-Go ini telah dilengkapi dengan ruang penyimpanan sebesar 64GB berjenis SSD (Solid State Drive).

Tak hanya itu, sebagai perangkat portabel, proyek Pi-to-Go ini juga dibekali baterai  isi ulang yang menjanjikan kemampuan hingga 10 jam penggunaan. Pi-to-Go juga dibekali kartu SD (Secure Digital) berkapasitas 4GB serta dukungan Bluetooth dan WiFi.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (23/12/2012), proyek kreatif Pi-to-Go ini menghabiskan dana sekitar USD $400 atau sekitar Rp 3,8 jutaan. Biaya ini tidak termasuk biaya pembuatan 3D case yang digunakan sebagai casing konsol portabel Pi-to-Go.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda