Scroll to Top

IBM Membuat Chip Berdasarkan Otak Manusia

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 18 Aug 2011

IBM melakukan inovasi teknologi baru lagi. Dengan mereplikasi fungsi neuron, synapses, dendrite, dan axon di otak menggunakan sirkuit silikon khusus, IBM mengklaim telah membuat chip komputer kognitif pertama di dunia.

Usaha IBM adalah pencapaian terpenting dari kontrak tahap pertama senilai 16,1 juta dolar dengan Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) untuk membuat Systems of Neuromorphic Adaptive Plastic Scalable Electronics (SyNAPSE), IBM dan rekan universitasnya, seperti Columbia University, Cornell University, University of California-Merced, dan the University of Wisconsin-Madison kini memasuki tahap kedua, yaitu menambah jangka waktu kerjasama mereka selama tiga tahun ke depan dengan suntikan dana baru sebesar 21 juta dolar. Tujuan akhirnya adalah membuat komputer kognitif dengan memiliki replikasi fungsi neuron sebanyak 10 milyar, dan 100 trilyun synapse dan memiliki daya serta ukuran yang menandingi dan meniru otak manusia.

Meski IBM mengklaim chip kognitif semacam ini adalah yang pertama di kelasnya, namun ternyata ada program sejenis yang merupakan rival dari Eropa bernama SpiNNaker.

Meski komputer kognitif dengan tahap final sudah dibuat, dan memiliki miliaran jaringan neuron, mereka hanya mengkonsumsi tenaga saat neuron aktif, dan ini terjadi pada kecepatan jam sebesar 10 Hz. Hasilnya, komputer kognitif tersebut bisa muat dalam kotak sepatu dan mengkonsumsi daya kurang dari ribuan watt.

IBM menunjukkan dua prototip chip, dimana keduanya digital, yang diharapkan akan bekerja sebagai inti dari komputer kognitif masa depan dimana ribuan inti chip akan diintegrasikan ke multi-core chip.

Chip tersebut diproduksi di fasilitas milik IBM di Fishkill, New York, dan saat ini sedang diujicobakan di T.J Watson Research Center di Yorktown Heights, New York dan IBM Research di San Jose, California.

Harapan IBM dari komputer kognitif ini adalah memecahkan masalah di bidang navigasi, mesin, dan sebagainya. (via VentureBeat dan EETimes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda