Scroll to Top

Google akan Basmi Ekstensi Nakal di Chrome 25 Mendatang

By Ditya / Published on Tuesday, 25 Dec 2012

ekstensi chrome

Google dikabarkan akan membasmi ekstension nakal pada rilis browser Chrome 25 mendatang. Ekstensi nakal yang dimaksudkan Google adalah ekstension yang menginstall dirinya tanpa melakukan konfirmasi pada pengguna Chrome atau sering desebut dengan silent extension.

Extension atau ekstensi sendiri adalah perangkat lunak tambahan yang dapat diinstal dalam perangkat lunak utama untuk menambah fungsi-fungsi tertentu. Hal yang sama juga dimiliki browser selain Chrome, hanya saja menggunakan nama yang berbeda, seperti Firefox dengan add-on atau Opera dengan Widget.

Google tampaknya ingin memperketat keamanan browser Chrome andalannya. Raksasa internet ini akan memperketat kemanan ekstensi browser Chrome untuk membasmi silent ekstension yang menginstall dirinya tanpa melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan pengguna browser Chrome.

Peter Ludwig, Chrome Product Manager, mengatakan bahwa Google terpaksa mengambil keputusan untuk menekan ekstension  buatan pihak ketiga karena pihaknya menilai banyak kebijakan yang telah disalahgunakan.

sidloat chrome

Banyak ekstensi browser Chrome yang menyalahgunakan kebijakan ini untuk menginstall ekstensi secara diam-diam tanpa izin dari pengguna atau tanpa konfirmasi dari pengguna. Hal ini dinilai Google sebagai hal yang berpotensi dimanfaatkan untuk kejahatan.

Google juga menambahkan bahwa pada browser Chrome 25 mendatang, semua ekstensi buatan pihak ketiga akan dinonaktifkan secara default. Bila pengguna menginstall ekstensi Chrome buatan pihak ketiga, maka akan muncul kotak peringatan bahwa ekstension telah terinstall dan memberi pengguna pilihan untuk mengaktifkannya.

Seperti yang dilansir dari CNET (24/12/2012), perubahan yang dilakukan Google untuk kebijakan ekstensi Chrome ini sejalan dengan kebijakan Mozilla yang diterapkan pada browser Firefox untuk manajemen add-on.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda