Scroll to Top

Ilmuwan Mengembangkan Teknologi Sel Surya Murah

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 18 Aug 2011

Peneliti baru-baru ini mengembangkan cara bagaimana menemukan material sel surya baru.

Di paper yang dipublikasikan minggu ini di Nature Communications, para peneliti mengatakan metode mereka menyaring jutaan molekul yang menghasilkan senyawa yang menjanjikan sebagai material sel surya organik.

Proyek yang dipimpin Harvard University ini dimulai dua tahun lalu, adalah kolaborasi mereka dengan IBM untuk mengatur dan menyediakan sumber daya komputasi untuk World Community Grid, dimana orang-orang menyediakan waktu idle PC mereka untuk berkontribusi pada proyek riset yang kekurangan sumber daya komputasi yang memadai.

Tujuan dari proyek riset ini adalah mencari molekul organik yang bisa bertindak sebagai semikonduktor di sel surya. Sel surya organik tidak terlalu efisien dalam hal mengubah cahaya matahari menjadi tenaga surya, tapi akan sangat fleksibel dan lebih murah karena mereka tidak butuh proses yang rumit atau mahal.

Alan Aspuru-Guzik, ahli teori kimia di Harvard, dan rekannya membuat model komputer yang meneliti 3,5 juta molekul dengan karakteristik yang menjanjikan untuk proyek ini. Senyawa yang menemui kriteria yang tepat diberikan ke peneliti di Stanford University untuk mempersatukan molekul dan menguji propertinya. (via Cnet News)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda