Scroll to Top

BitCoin: Mata Uang Virtual Yang Baru

By Cherlya / Published on Tuesday, 17 May 2011

Bit Coin LogoSelama 10 tahun terakhir ini, ada banyak upaya untuk menciptakan jenis baru mata uang elektronik yang bisa digunakan untuk transaksi online – ada CyberCash dan e-Gold, dan yang lebih kecil dengan nama-nama aneh seperti Beenz dan Flooz. Tak satu pun dari mereka berhasil mendapatkan daya tarik, tapi itu tidak menghentikan kelompok hacker untuk mencoba meluncurkan mata uang “peer-to-peer” yang disebut Bitcoins.

Proyek ini dimulai oleh programmer Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Tapi baru beberapa bulan terakhir mulai dikenal masyarakat Amerika, karena mulai banyak publisitas yang diterima. Bitcoin juga memanfaatkan kontroversi atas PayPal yang melarang pengiriman uang ke WikiLeaks. Salah satu fitur Bitcoin adalah desentralisasi, sehingga secara teori kebal terhadap sensor atau pembatasan. Tidak memerlukan penggunaan rekening bank atau sistem pembayaran seperti PayPal (yang juga memblokir pembayaran Bitcoin).

Bitcoin jauh lebih ambisius daripada micropayment lain yang telah mendahuluinya. Bukan hanya membuat sistem poin virtual di mana titik akhirnya dapat dikonversi menjadi uang “sesungguhnya” – atau digunakan untuk membeli barang – para pendiri Bitcoin ingin membuat sistem moneter yang benar-benar terpisah dan virtual. Dengan kata lain, yang secara teori bisa menggantikan sistem yang ada saat ini apabila cukup banyak orang menggunakannya.

[youtube Um63OQz3bjo]

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda