Scroll to Top

Kelelahan Usai Olahraga Bisa Akibatkan Kematian

By C Novita / Published on Wednesday, 26 Dec 2012

lelah saat olahraga memicu kematian

Anda masih ingat kematian beberapa orang selebriti yang terjadi seusai mereka berolahraga? Menurut tinjauan medis, kematian mereka disebabkan oleh serangan jantung.

Namun pada dasarnya hal ini dipicu oleh kelelahan yang sangat usai memeras tenaga saat melakukan kegiatan olahraga tersebut. Bagaimana bisa?

Kelelahan yang sangat akibat aktifitas fisik bisa menyebabkan kerusakan pada jantung. Detak jantung yang di luar normal atau melebihi ritme yang biasa dapat menaikkan resiko stroke.

Penyebabnya, arteri koroner Anda yang biasanya hanya bekerja menerima aliran darah normal, tiba-tiba harus memasok darah dengan jumlah yang ekstra. Ini karena aktifitas olahraga keras yang sedang Anda lakukan membuat otot butuh oksigen dan nutrisi lebih.

Akibatnya, jantung bekerja lebih keras. Seperti juga bagian tubuh yang lain, jantung bisa mengalami kelelahan karena harus bekerja lebih keras dari biasanya. Dikutip dari Livestrong, jantung yang kelelahan otot-ototnya bisa menjadi lemah dan tak dapat mengirim impuls listrik dengan benar.

Irama jantung jadi abnormal karena impuls listrik yang dikirim tak benar, dan hal tersebut memicu serangan jantung dan mengakibatkan kematian.

Resiko tersebut akan makin besar jika dialami oleh mereka yang sebelumnya telah menderita gejala penyakit jantung koroner.

Karenanya, lakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda saja. jangan terlalu memaksakan diri jika telah merasa lelah. Seringlah beristirahat, agar jantung Anda tak kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda