Scroll to Top

Malware Stuxnet Kembali Serang Iran

By Ditya / Published on Wednesday, 26 Dec 2012

Internet Iran

Iran dikabarkan kembali diserang malware Stuxnet. Malware Stuxnet adalah malware yang berupa worm yang didesain untuk menyerang Iran yang akhir-akhir ini diketahui bahwa Stuxnet dibuat oleh Amerika Serikat dan Israel.

Sebuah kantor berita Iran mengaatakan bahwa negara itu telah berhasil menangkis serangan dari worm Stuxnet. Serangan digital atau cyberattack oleh worm Stuxnet ini dikabarkan menargetkan pembangkit listrik dan beberapa lokasi penting lainnya di Iran.

Malware berupa worm Stuxnet ini pertama kali muncul pada bulan Juni 2010. Stuxnet diduga kuat dibuat oleh Amerika Serikat dan Israel untuk melumpuhkan infrastuktur kritis. Target awal worm Stuxnet ini adalah pabrik pengayaan uranium Natanz, Iran.

Stuxnet adalah worm yang cukup canggih dan dapat menyebar melalui USB drive dan memanfaatkan 4 celah keamanan sistem operasi Windows. Celah keamanan pada sistem operasi Windows ini kemudian terkenal dengan sebutan Zero-day.

Malware canggih Stuxnet ini ternyata tak hanya menyerang Iran saja, tapi juga menyebar ke beberapa negara di Timur Tengah dan dunia termasuk Israel, Arab Saudi, Mesir, dan Iraq. Malware Stuxnet sendiri adalah salah satu diantara beberapa malware yang dirancang untuk menyerang Timur Tengah.

Setelah Stuxnet mulai meredup beberapa waktu lalu, langsung muncul malware yang lebih canggih, yakni Flame. Flame diyakini oleh banyak peneliti keamanan sebagai malware yang disponsori sebuah negara dan negara tersebut diduga kuat adalam Amerika Serikat dan Israel.

Seperti yang dilansir dari CNET (25/12/2012), serangan digital atau cyberattack di Timur Tengah tak hanya berhenti sampai serangan Flame saja, karena muncul beberapa malware lain yang menyerang Timur Tengah, sebut saja malware Duqu, Gauss, trojan Mahdi, Wiper, dan Shamoon.

Era dewasa ini perang tak hanya menggunakan angkatan bersenjata, tapi juga menggunakan serangan digital atau cyberattack untuk melumpuhkan infrastruktur sebuah negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda