Scroll to Top

Instagram Hadapi Gugatan di AS, Facebook: Kami Tak Gentar

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 26 Dec 2012

Instagram Jual Foto Pengguna?

Jejaring sosial berbasis foto dan aplikasi pengolah gambar Instagram hadapi gugatan di Amerika Serikat (AS). Tuntutan yang diajukan masih terkait dengan polemik foto pengguna yang digunakan sebagai iklan pihak ketiga.

Gugatan ini dilayangkan oleh firma hukum Finkelstein and Krinsk dari negara bagian California. Firma ini mengatakan jika Instagram memanfaatkan foto-foto yang diunggah pengguna namun mereka lepas tanggung jawab.

Beberapa hari yang lalu, Instagram sempat membantah isu ini. Mereka menyangkal telah menjual foto pengguna sebagai konten iklan. Kevin Systrom lewat blog Instagram menulis jika TOS telah diubah ke peraturan semula seperti 2 tahun yang lalu.

Menariknya tak ada kata maaf atau penyesalan dari Instagram. Kevin Systrom pun tak menuliskan permintaan tersebut. Instagram hanya menghapus statement yang tertulis tak lagi menggunakan foto pengguna. Apakah ini cukup?

Gugatan ini resmi dilayangkan pada Jumat (21/12/2012) lalu waktu setempat. Firma hukum Finkelstein and Krinsk ingin garansi dari Instagram jika pengguna tetap miliki foto-foto mereka meski telah cabut dari jejaring sosial foto tersebut.

Sementara itu Facebook sebagai inang Instagram berujar jika mereka tak gentar. Facebook  berkilah jika gugatan yang ada tak miliki dasar sama sekali. Mereka siap menghadapi tuntutan yang ada jika berkelanjutan.

Akibat polemik foto ini tidak sedikit pengguna Instagram yang menutup akunnya. Salah satu akun yang cukup terkenal yakni National Geographic. Kabarnya Kim Kardarshian, sosialita hollywood sempat berang tatkala mengetahui jika foto-fotonya di Instagram digunakan untuk iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda