Scroll to Top

Di China Pelanggan Internet Wajib Mendaftar dengan Identitas Asli

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 26 Dec 2012

Regulasi Internet PBB Ditolak Beberapa Negara

Di China pelanggan internet wajib mendaftar dengan menggunakan identitas asli. Dengan demikian tatkala register ke penyedia jaringan maka rakyat negeri Tirai Bambu tersebut harus menggunakan nama asli mereka atau sesuai ID (KTP).

Menurut media pemerintah setempat, kebijakan ini berlaku tak hanya untuk jaringan telepon (internet) namun juga akses internet mobile. Undang-undang yang mengatur kebijakan baru register tersebut sedang digodog dalam minggu ini.

“Undang-undang harus mengawal perkambangan internet guna melindungi rakyat. Hanya dengan cara itu internet kita bisa lebih sehat, lebih berbudaya, dan lebih aman,” tegas salah satu anggota Partai Komunis China.

Banyak fihak yang mengatakan jika kebijakan ini terkait dengan pembungkaman dan pembatasan hak berpendapat. Dengan register memakai indentitas asli, maka bisa dikontrol dan diketahui dengan pasti dan cepat siapa yang kerap bersuara pedas di internet.

Di China akun anonim banyak beredar. Mereka bersuara keras dan kerap mengekspos korupsi secara terbuka di internet. Jika kebijakan ini jadi diterapkan, maka untuk kedua kalinya pemerintah China meminta rakyatnya menggunakan data asli tatkala menggunakan internet.

Awal tahun ini misalnya, pemerintah China memaksa microblogging lokal Sina Weibo menerapkan kebijakan menggunakan identitas asli sesuai KTP tatkala pengguna baru mendaftar.

China memang sangat phobia dengan kekuatan internet. Mereka khawatir rakyat bisa memanfaatkan potensi internet untuk menggulingkan pemerintah. Situs jejaring sosial popular pun diblokir. Sebut saja Facebook, Twitter, maupun Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda