Scroll to Top

Adik Mark Zuckerberg Jadi Korban Pelanggaran Privasi Facebook

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 27 Dec 2012

Randi Zuckerberg

Pelanggaran privasi Facebook memang sering terjadi. Namun kini celakanya kejadian tersebut justru menimpa adik Mark Zuckerberg, keluarga bos jejaring sosial populer tersebut. Apa yang dialami oleh Randi Zuckerberg?

Mark Zuckerberg miliki dua saudara wanita. Selain Randi Zuckerberg masih ada Arielle Zuckerberg. Mereka berdua bekerja di luar Facebook.

Randi Zuckerberg dulunya pernah menjadi Kepala Pemasaran Facebook. Namun kini ia banting setir jadi produser sebuah acara. Sedangkan Arielle Zuckerberg, justru menghamba ke musuh bebuyutan Facebook, Google.

Cerita ini bermula ketika Callie Schweitzer, Direktur Pemasaran dan Proyek Voxmedia, memublikasikan foto Randi Zuckerberg dan keluarganya di Twitter. Adik bos Facebook ini kaget, sebab foto tersebut pernah ia publikasikan ke teman-temannya di FB.

Keluarga Zuckerberg
Foto yang diunggah Callie Schweitzer

Randi Zuckerberg kemudian berujar di Twitter dengan me-mention Callie Schweitzer dan bertanya, darimana ia mendapat foto tersebut. Foto itu hanya terbatas pada closed friend di FB. Ia heran mengapa bisa nongol di Twitter.

Callie Schweitzer mencoba menjelaskan lewat pelbagai tweet kemudian. Salah satu penjelasan yang paling masuk akal sebab dirinya menjadi pelanggan (subscriber) Randi Zuckerberg. Dengan demikian ia bisa menerima kabar status-nya termasuk foto yang kemudian ia unggah kembali ke Twitter.

Setelah mendengarkan penjelasan Callie Schweitzer, Randi Zuckerberg kemudian men-tweet sebuah etika di media sosial. Bagaimana soal perizinan dan sopan santun terkait masalah privasi.

Jika adik sang bos FB saja – yang notabene adalah keluarga – bisa kecolongan soal privasi, bagaimana dengan user biasa? Apakah Facebook bisa segera memerbaiki celah ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda