Scroll to Top

Tips agar Resolusi 2013 Milik Anda Berjalan Lancar

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 27 Dec 2012

resolusi

Tahun 2013 segera hadir dalam lima hari lagi. Sudahkah Anda menetapkan resolusi untuk tahun depan? Resolusi merupakan bentuk impian yang hendak dicapai. Impian tersebut bermakna postif dan menunjukkan perkembangan yang lebih baik dalam kehidupan Anda. Agar resolusi yang Anda tetapkan bisa tercapai, perhatikan tips berikut ini:

  1. Tetapkan impian yang realistis. Jangan terlalu memimpikan sesuatu yang sebenarnya Anda sendiri tidak siap untuk menggapainya karena terlalu mustahil untuk dilakukan. Misalnya, tahun depan Anda ingin punya rumah lima unit, padahal dari sisi keuangan masih terlalu pas-pasan untuk menyicil sebuah rumah. Tujuan yang cukup ekstrim tanpa tahu cara untuk mencapainya, hanya akan membuat waktu Anda terbuang sia-sia.
  2. Jangan menetapkan banyak tujuan. Manusia memiliki keterbatasan dalam berkonsentrasi.  Otak hanya bisa berkonsentrasi pada satu tugas untuk sebuah sesi dan baru bisa beralih ke konsentrasi lain. Terlalu banyak resolusi malah membuat Anda bingung menentukan mana dulu tujuan yang hendak dicapai. Bisa-bisa, Anda justru tidak melakukan resolusi itu karena kebingungan.
  3. Jika sudah menetapkan suatu resolusi, sebarkan resolusi Anda agar ada orang lain yang mengetahui. Ini dapat melatih Anda untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang Anda tetapkan sendiri. Kalau ada resolusi tersebut ada yang tidak Anda lakukan, pasti Anda malu sendiri. Ini akan memacu Anda untuk berbuat yang paling baik dalam mewujudkan impian.
  4. Jangan sampai merasa rendah diri setelah resolusi Anda buat. Yakinkan diri bahwa tubuh dan pikiran mampu diajak kompromi untuk menyukseskan resolusi Anda. Keyakinan untuk berhasil  adalah modal tidak kasat mata yang membuat seseorang sukses. Cara untuk melawan keraguan dan ketakutan Anda adalah dengan pasang badan terjun dalam berbagai kendala yang dihadapi. Anda akan banyak belajar dari situ dan mendapatkan kesuksesan.
  5. Luangkan waktu untuk berolahraga rutin. Mewujudkan resolusi juga perlu tubuh yang sehat dan kuat. Berolahraga membuat badan Anda lebih bugar dan pikiran lebih mudah berkonsentrasi. Ini akan mendukung Anda dalam mencapai impian di tahun mendatang.
  6. Memberikan penghargaan ketika resolusi berhasil dicapai. Misalnya, ketika Anda menetapkan resolusi untuk berhenti merokok di tahun 2013, maka berikan penghargaan pada diri Anda saat berhasil hidup tanpa rokok. Penghargaan menyesuaikan keinginan Anda yang tentunya harus bernilai positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda