Scroll to Top

Liga Inggris: Ulah Konyol Wasit Chris Foy Di Laga QPR vs West Bromwich

By Wan Faizal / Published on Friday, 28 Dec 2012

QPR vs WBA

Pertandingan antara QPR vs West Bromwich Albion memang telah berlangsung pada Boxing Day kemarin. Namun ada satu cerita sisa dari pertandingan tersebut. Bukan dari para pemain yang beraksi di lapangan, namun kisah lucu datang dari wasit yang memimpin pertandingan itu, yakni Chris Foy.

Saat dilakukan sesi foto antara ofisial pertandingan dan kapten kedua tim, Foy dengan santainya berpose sambil menjulurkan lidahnya ke kamera. Entah apa maksud dari Foy, yang pasti dua asistennya serta Clint Hill dan Chris Brunt yang merupakan kapten QPR dan West Bromwich tak ada yang berpose aneh seperti Foy.

Chris Foy

Dalam laga itu sendiri, Foy justru membuat dua keputusan fatal yang mempengaruhi hasil pertandingan. Ia mengesahkan gol bunuh diri Robert Green, kiper QPR, yang “diganggu” oleh Marc-Antoine Fortune saat hendak menangkap bola. Tak heran, Harry Redknapp selaku manajer QPR pun mencak-mencak dengan keputusan Foy itu.

“Saya pikir itu adalah keputusan yang aneh. Wasit telah melakukan kesalahan besar. Itu jelas sebuah pelanggaran. Bagaimana bisa seorang kiper bisa menangkap bola jika ada lawan yang mendorongnya hingga ke belakang garis gawang?” rutuk Redknapp.

“Rob tak bisa berbuat banyak. Jika ia mendorong pemain lawan, maka bisa terjadi penalti.”

Keputusan kontroversial kedua dari Foy dan asistennya adalah saat ia tak melihat Liam Ridgewell melakukan handsball di kotak penalti West Bromwich. Andai pelanggaran itu disahkan, tentu hasil pertandingan akan berbeda, begitu mungkin pikir Redknapp.

“Saya bertanya pada hakim garis bagaimana ia tak bisa melihat itu sebagai hadiah penalti. Tangan Ridgewell jelas menyentuh bola dan ia tak melihatnya.”

“Hakim garis berkata ia tidak bisa melihat kejadian itu dengan alasan terlalu banyak pemain yang mengganggu pandangannya. Mungkin lain kali ia harus memakai kacamata,” sindir eks bos Tottenham Hotspur itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda