Scroll to Top

Lycos Segera Rilis Search Engine Baru, Siap Tantang Google

By Ibnu Azis / Published on Friday, 28 Dec 2012

Lycos

Masih ingatkah Anda dengan Lycos? Raksasa mesin pencari yang beken di media 1990-an ini di tahun depan bersiap luncurkan search engine baru. Lycos siap menantang keangkuhan Google.

Nama Lycos memang tren di periode 1990-an bahkan sebelum Google lahir. Kala itu netizen kerap menggunakan Lycos dalam menelusuri konten apapun di internet selain dengan Yahoo!, Alta Vista, atau HotBot.

Menurut laman Wikipedia, search engine ini didirikan 17 tahun yang lalu atau pada tahun 1994 di Pittsburgh, Amerika Serikat. Mesin pencari dengan jargot Go get it! ini miliki 72 pegawai (AS, 2007) dengan founder Bob Davis dan diperkirakan bernilai USD 24,8 juta (2009).

Lycos memang menyandang nama besar. Bisa dibilang ia adalah sesepuh mesin pencari. Namun gaungnya terus tergelincir seiiring gema Google yang kian menggelora. Lycos sendiri diakuisisi perusahaan India berbasis pemasaran digital Ybrant Digital di tahun 2010.

Sang CEO Rob Balazy berujar pada The Next Web saat ini mesin pencari Lycos masih aktif dengan produk dan layanannya namun dengan kesepakatan bersama Yahoo!. Kesepakatan ini berakhir tahun 2013 nanti. Dengan demikian, ini adalah moment yang tepat bagi Lycos untuk kembali ke roh semula.

“Di tahun depan Anda akan melihat produk baru kami (search engine). Saya tidak bisa berkomentar banyak sebab masih dalam tahap perencanaan,” ujarnya.

Menurut Rob Balazy, Lycos lewat produk anyar mereka akan menggabungkan visi dan gagasan antara aktivitas dengan pengalaman pencarian. Integritas ini akan menghasilkan konten yang akurat.

Jika memang ide tersebut yang akan dimunculkan, Lycos sejatinya sudah ketinggalan sedemikian langkah dari Google. Perusahaan internet raksasa tersebut telah melakukan hal yang sama bahkan beberapa tahun yang lalu.

“Kami fikir manfaat pada konsumen sangat besar. Ini menghilangkan proses trial and error dari hasil klik tatkala proses pencarian,” sanggahnya.

Jadi apakah tujuan Lycos sesungguhnya dengan produk atau layanan teranyar yang bakal segera mereka rilis? Apakah hanya sebagai pendamping alternative search engine selain Google atau justru mengambil alih posisinya?

“Kami tak berfikir miliki cita-cita untuk mengambil alih posisi Google. Google telah mengindeks seluruh web dan menjadi ‘perpustakaan web’,” lanjutnya.

Kunjungi laman Lycos di tautan berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda