Scroll to Top

Tren Ancaman Keamanan Tahun 2013, Menurut McAfee

By Ditya / Published on Friday, 28 Dec 2012

Perusahaan keamanan dan antivirus McAfee memperdiksikan beberapa poin tren ancaman kemanan digital pada tahun 2013 mendatang. Prediksi McAfee ini meliputi tren ancaman serangan untuk platform mobile yang meningkat serta mweabahnya ancaman ransomware.

Ancaman Kemanan Smartphone & Meningkat.

Ancaman keamanan terhadap perangkat mobile seperti smartphone dan tablet akan semakin meningkat seiring meningkatnya popularitas tablet dan Smartphone. McAfee juga mengatakan bahwa ancaman keamanan akan mengintai semua platform, mulai dari Android, iOS, Windows Phone dan mungkin juga BlackBerry dan Firefox OS.

Ancaman Ransomware Meningkat

Ransomware adalah salah satu varian baru di keluarga malware. Ransomware akan memiliki kemampuan untuk memeras pengguna yang terinfeksi dan kebanyakan dari mereka memiliki kemampuan untuk mengakses dan manghapus data pengguna secara permanen.

Ransomware berbeda dengan malware lain seperti backdoor, trojan atau worm. Ransomware dibuat untuk memeras pengguna dan hanya dapat dibuat oleh orang yang memiliki ketrampilan pemrograman tingkat lanjut.

Serangan Lebih Fokus pada Sistem Operasi Baru

McAfee memperkirakan bahwa serangan dan ancaman malware akan fokus pada platform dan sistem operasi baru seperti Windows 8, Windows RT, Windows Phone 8, dan standar HTML5. Windows 8 mungkin akan menjadi sasaran paling utama tahun 2013 mendatang.

Cyberattack Skala Besar Meningkat

Masih ingat dengan serangan Flame dan Stuxnet yang menggemparkan Timur Tengah dan dunia? Tren serangan skala besar seperti inilah yang diprediksikan oleh McAfee akan meningkat. Era internet saat ini akan menciptakan era cyberattack atau cyberwar yang mungkin akan melibatkan sebuah negara.

Meningkatnya Hacktivist Seperti Anonymous

McAfee juga memperkirakan bahwa tahun 2013 nanti kelompok hacker atau hacktivist seperti Anonymous akan meningkat dan ketenaran kelompok Anonymous akan sedikit menurun dengan hadirnya kelompok sejenis yang juga melakukan hal yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda