Scroll to Top

Cara untuk Bangkit Setelah Berkabung

By Ilham Choirul / Published on Friday, 28 Dec 2012

depresi

Kehilangan orang yang disayang itu menyedihkan. Anda tidak dapat lagi bercanda dan berinteraksi dengannya. Namun perlu disadari, kematian adalah takdir yang akan dihadapi setiap manusia. Artinya, inilah proses wajar dalam kehidupan dan bukan menjadi alasan untuk terpuruk karena kehilangan.

Jika Anda salah satu orang yang telah kehilangan sosok yang sangat dicinta, Anda mesti bisa bangkit menghadapi masa depan. Berikut ini tips untuk mengembalikan semangat Anda setelah hari berkabung itu terjadi:

  1. Luangkan waktu untuk menyendiri. Berpisah dengan orang dicintai memang sungguh berat. Di sisi lain, Anda mesti bangkit untuk melanjutkan hidup. Ketika Anda masih diliputi kesedihan itu, sisihkan waktu untuk berkabung. Tapi berjanjilah, manfaatkan waktu berkabung itu untuk juga mendukung diri Anda untuk bangkit. Sedih itu wajar, namun ada realita kehidupan panjang yang mesti dihadapi.
  2. Ingatlah kenangan bersamanya yang bersifat mendukung hidup Anda lebih baik. Daripada Anda terus meratapi kepergiannya, cobalah mengambil sisi positif dari orang yang Anda cintai itu. Kumpulkan kenangan hidup bersamanya yang memberikan semangat buat Anda, dan hiduplah bersamanya lewat kenangan itu. Anda bisa tetap memberikan nilai tambah dan bangga padanya sekali pun dia sudah di alam baka. Anda juga bisa segera terlepas dari keterpurukan akibat kesedihan yang mendalam.
  3. Luapkan emosi untuk sesekali, bila diperlukan. Menjadi kuat sepanjang waktu itu penting. Namun, jika sesekali Anda teringat padanya dan muncul rasa rindu mendalam, tidak ada salahnya menangis sebentar. Itu bisa mengobati racun hati yang menyesakkan dada. Tetapi berjanjilan, setelah menangis harus kembali bangkit untuk menjalani hari-hari Anda selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda