Share

car-free-night-2012

Malam akhir tahun 2012 nanti, Kota Solo mengadakan kembali agenda Car Free Night di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Jalan panjang ini merupakan pintu masuk menju pusat Kota Solo. Seperti dikutip Tourism News, pada malam tahun baru tidak boleh ada kendaraan bermotor yang melewati jalan protokol itu. Warga atau wisatawan yang ingin melaluinya hanya diperkenankan membawa sepeda atau jalan kaki.

Berbeda dengan tahun lalu, kali ini diperkirakan akan berlangsung meriah. Pasalnya, Pemkot Solo sudah menyiapkan tujuh panggung kesenian yang akan berpentas sembari menunggu detik-detik pergantian tahun 2012 menuju 2013. Sebuah tari kolosal Jaran Kepang bakal mewarnai pementasan seni ini dengan melibatkan lebih kurang 2.013 penari dari murid SD dan SMP.

Agenda bertajuk Solo Car Free Night 2013 mengambil tema “Tinggalkan Motor, Hilangkan Udara Kotor”. Selain nantinya akan berkontribusi pada menurunnya emisi udara di Kota Solo, tingkat kecelakaan malam tahun baru bisa diminimalisasi. Sebelum adanya acara tahunan ini, seringkali warga Solo menghabiskan waktu dengan berkonvoi memakai motor di sepanjang jalan. Macet pun tidak terhindarkan.

Rute yang akan dijadikan lokasi Solo Car Free Night 2013 berawal dari Jalan Slamet Riyadi di daerah Purwosari hingga Bundaran Gladag. Lalu, rute diteruskan ke Jalan Jendral Sudirman. Pemberlakuan jalan dilakukan dari pukul 10 malam tanggal 31 Desember 2012 hingga pukul 1 dinihari pada 1 Januari 2013. Bagi Anda yang menghabiskan malam tahun baru di Kota Solo, bisa berkumpul di jalan ini untuk merayakan kemeriahan tahun baru 2013.