Scroll to Top

Landsat 5, Satelit Observasi Tertua akan Dipensiunkan

By Ditya / Published on Saturday, 29 Dec 2012

Landsat 5

Satelit observasi tertua milik United States Geological Survey (USGS), Landsat 5, akhirnya akan dipensiunkan. Satelit Landsat 5 yang beroperasi sejak tahun 1984 ini merupakan satelit observasi dengan waktu operasi paling lama yang pernah ada.

Satelit Landsat 5 milik USGS ini sebenarnya dirancang untuk masa pakai 3 tahun dan kini sudah berusia seperempat abad lebih atau tepatnya 28 tahun sejak diluncurkan, satelit Landsat 5 akan segera dipensiunkan.

Landsat 5 adalah satelit yang dikembangkan dan diluncurkan NASA pada tahun 1984. Satelit ini telah mengorbit di planet bumi hingga 150.000 kali dan telah mentransmisikan lebih dari 2,5 juta gambar kondisi permukaan tanah seluruh dunia.

Tak hanya itu, satelit Landsat 5 ini juga telah berjasa memberikan citra dari peristiwa letusan gunung Saint Helens dan bencana nuklir mengerikan di Chernobyl. Hampir 10 juta gambar dihasilkan oleh Landsat 5 yang mencakup 12.000 mil persegi yang dipublikasikan secara online.

“Ini adalah akhir dari sebuah era untuk satelit yang luar biasa, dan fakta bahwa itu terbang selama hampir tiga dekade merupakan bukti para insinyur NASA dan tim USGS yang meluncurkan dan menyimpannya terbang jauh melampaui umur hidup yang diharapkan.”

“Program Landsat adalah standar ‘emas” dari pengamatan satelit, memberikan catatan publik yang tak ternilai dari planet kita yang membantu kita mengatasi lahan kritis, air, dan isu-isu lingkungan lainnya,” kata Anne Castle, Department of the Interior Assistant Secretary for Water and Science.

Tim USGS telah menyiapkan operasi untuk menurunkan satelit Landsat 5 dari orbit operasionalnya. Tahap pertama dari operasi ini diharapkan akan dimulai bulan depan.

Seperti yang dilansir dari TG Daily (28/12/2012), misi satelit Landsat 5 akan segera digantikan oleh Landsat 8 yang dijadwalkan akan diluncurkan oleh NASA pada bulan Februari 2013 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda