Scroll to Top

Aplikasi Android Palsu Berpotensi Timbulkan Serangan DDoS

By Ditya / Published on Saturday, 29 Dec 2012

Android Malware

Peneliti keamanan dari Doctor Web menemukan trojan berbahaya di Google Play yang menyamar sebagai aplikasi palsu. Para peneliti kemanan di Doctor Web juga mengungkapkan bahwa trojan yang menyamar sebagai aplikasi palsu tersebut mampu menimbulkan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) dari ponsel yang terinfeksi.

Trojan yang menyamar sebagai aplikasi palsu di Google Play tersebut diidentifikasi sebagai Android.DDoS.1.origin yang kabarnya trojan ini dibuat oleh orang Rusia. Trojan ini menyamarkan dirinya sebagai ikon Google Play palsu ketika aplikasi tersebut telah di download pengguna.

Ketika aplikasi Google Play palsu tersebut dibuka oleh pengguna, maka akan ditampilkan Google Play yang sebenarnya dan hal itu adalah upaya trojan untuk mengalihkan perhatian pengguna, padahal trojan tersebut mulai bekerja dibelakang.

Trojan tersebut memiliki kemampuan untuk mengirimkan nomor pengguna yang telah terinfeksi ke penjahat dan penjahat ini dapat mengendalikan trojan melalui pesan teks. Menurut Doctor Web, penjahat ini bisa saja mengirip perintah serangan DDoS.

Serangan DDoS sendiri adalah serangan yang biasa dilakukan oleh hacker atau kelompok hacker seperti Anonymous untuk melumpuhkan sebuah server situs web tertentu yang diserangnya. Kehadiran trojan tersebut dapat menjadi tameng hidup hacker, karena serangan tersebut seolah-olah dilakukan oleh pemilik ponsel yang telah terinfeksi.

Seperti yang dilansir dari Venture Beat (27/12/2012), selain berpotensi untuk meluncurkan serangan DDoS, trojan tersebut juga berpotensi memperburuk kinerja ponsel karena trojan tersebut berjalan di background.

Tak hanya itu, Doctor Web juga menambahkan bahwa trojan Android.DDoS.1.origin juga memiliki kemampuan untuk membuat tagihan membengkak dengan cara mengirimkan SMS ke nomor premium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda