Scroll to Top

Tips Agar Jauh dari Penyakit Mental

By C Novita / Published on Saturday, 29 Dec 2012

tips agar jauh dari sakit mental

Menjaga kesehatan mental saat ini masih cukup jauh dari perhatian masyarakat. Padahal penyembuhan penyakit mental cukup sulit, dan membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu penderita penyakit mental kerap kali dijauhi oleh masyarakat, bahkan juga keluarga sendiri sebab dianggap memalukan. Sarana dan prasarana pengobatan untuk pasien penyakit mental pun masih terbatas.

Karena itu sebenarnya menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik.

Berikut ini adalah tips agar jauh dari penyakit mental seperti dikutip dari Boldsky, untuk Anda terapkan:

  • 1. Menerima keadaan

Mereka yang menderita penyakit mental biasanya dimulai dengan tak menerima keadaan yang menimpa diri mereka sendiri. Mengingkari keadaan diri hanya akan memperparah keadaan. Dengan menerima keadaan diri, maka pertolongan akan lebih mudah didapat.

  • 2. Minta tolong

Jika Anda menemukan kesulitan yang tak sanggup Anda atasi sendiri, maka meminta bantuan orang lain tidaklah salah. Termasuk juga jika Anda menemukan gejala awal adanya penyakit mental yang Anda derita. Segeralah meminta bantuan untuk pengobatan secepatnya, sebelum terlambat.

  • 3. Cari masalah utama

Jika Anda telah menemukan masalah utama yang menyebabkan Anda menderita depresi atau gejala sakit mental lainnya, maka segera selesaikan masalah tersebut. Ini juga membantu Anda terhindar dari penyakit mental.

  • 4. Pil tidur pilihan terakhir

Jika Anda pikir tidur akan membuat Anda selesai dari masalah, maka itu keliru. Jadi jika dokter tak menyarankan pil tidur, jangan memintanya.

  • 5. Keluarga

Keluarga adalah tempat dimana dukungan selalu ada untuk Anda. Jadi jangan ragu untuk berbagi dan bercerita pada keluarga Anda. Tentu Anda yang paling tahu pada siapa sebaiknya Anda curhat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda