Scroll to Top

Waspada! Ini Tanda Jantung Anda Bermasalah

By C Novita / Published on Sunday, 30 Dec 2012

tanda jantung bermasalah

Kesehatan jantung adalah hal penting yang harus selalu diperhatikan. Sebagai organ vital, masalah sekecil apapun yang dialami oleh jantung harus sesegera mungkin diobati.

Karena itu, Anda sebaiknya mengenali gejala kelainan jantung yang menjadi asal mula munculnya penyakit serius. Dikutip oleh Merdeka dari situs Ucsfhealth, berikut ini adalah tanda-tanda bahwa jantung Anda bermasalah:

  • 1. Mudah lelah

Jika Anda kerap merasa mudah lelah jika melakukan hal-hal yang dulunya sanggup Anda lakukan dengan mudah, maka sebaiknya Anda waspada. Otot jantung yang mulai lemah tidak mampu memompa darah ke seluruh anggota tubuh, dan memprioritaskan ke otak dan jantung saja. akibatnya anggota tubuh lain seperti tangan dan kaki kurang mendapat pasokan darah dan oksigen. Sehingga menjadi kurang bertenaga dan mudah lelah.

  • 2. Sesak nafas

Saat pembuluh darah yang seharusnya memompa oksigen dari paru-paru ke jantung tak mampu melakukan tugas karena lemah, maka darah akan masuk kembali ke pembuluh darah tersebut. Akibatnya penderita akan menderita sesak nafas.

  • 3. Batuk berkepanjangan.

Batuk berkepanjangan bisa menandakan jantung Anda bermasalah. Ini terjadi sebab pada paru-paru menumpuk lendir yang membuat pasokan oksigen ke seluruh tubuh kurang, termasuk juga ke organ vital seperti jantung.

  • 4. Detak jantung tak teratur

Saat memompa darah ke seluruh tubuh dan organ jantung merasa tak mampu mencapai seluruh tubuh, maka secara otomatis ia akan mempercepat denyutnya. Karena itu terkadang denyut jantung menjadi cepat dan melambat secara tak teratur.

  • 5. Mudah lupa

Karena aliran darah ke otak berkurang, maka kemampuan kerja otak pun sedikit menurun. Akibatnya seseorang menjadi mudah lupa atau mengalai disorientasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda