Scroll to Top

BeiDou, GPS Besutan China Diluncurkan

By Ditya / Published on Sunday, 30 Dec 2012

China akhirnya meluncurkan standar GPS (Global Positioning System) milik sendiri bernama BeiDou kepada publik. Teknologi GPS besutan negeri Tirai Bambu ini menjanjikan akurasi yang sama dengan standar GPS lain, yakni sekitar 10 meter.

Republik Rakyat Tiongkok atau China kini telah memiliki standar teknologi GPS sendiri, yakni BeiDou. Negeri yang terkenal dengan kebijakan sensor internet ini tampaknya berupaya untuk mewujudkan kemandirian bangsa. Setelah China memiliki ‘Twitter’ semdiri bernama Sina Weibo, kini memiliki standar GPS sendiri bernama BeiDou.

Saat ini satelit BeiDou yang telah mengorbit berjumlah 33 buah. Namun, dari 33 satelit BeiDou, hanya 6 yang aktif. Hal ini berdampak pada cakupan BeiDou yang terbatas dan hanya mencakup sebagian kecil dari dunia. Sistem GPS BeiDou ini memerlukan setidaknya 24 satelit untuk dapat beroperasi dengan cakupan global.

Pemerintah China mengatakan bahwa pihkanya berencana untuk memiliki 5 satelit geostasioner dan 30 satelit non-geostasioner yang beroperasi di orbit pada tahun 2020, hal ini juga dalam rangka meningkatkan kinerja GPS BeiDou.

Pejabat China mengatakan bahwa hadirnya GPS BeiDou ini adalah untuk menjaga independensi dan memberikan layanan navigasi yang terbuka, stabil, dan dapat diandalkan. Seperti GPS lainnya, BeiDou sebelumnya telah digunakan oleh pihak militer sebelum diluncurkan ke publik.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (29/12/2012), saat ini GPS BeiDou telah menyediakan layanan navigasi yang mencakup sebagian besar wilayah Asia Pasifik termasuk layanan continous passive positioning, navigation, dan timing service.

Semoga kedepan, negara Indonesia dapat mengikuti kemajuan China dalam mewujudkan kemandirian bangsa di bidang teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda