Scroll to Top

Jose Mourinho: Real Madrid Bermain Layaknya Lelaki (?)

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 19 Aug 2011

Jose Mourinho mungkin bisa memenangi banyak gelar bersama Porto, Chelsea, dan Internazionale Milan. Tapi, untuk Real Madrid, Mourinho mesti menyiapkan tenaga ekstra. Alasannya mudah. Real Madrid memiliki Barcelona, lawan abadi yang sukses melewati mereka dalam hampir semua ajang di tingkat domestik dan Eropa.

Satu-satunya gelar yang bisa direbut Mourinho dari Barcelona sejak ia menangani Real Madrid hanyalah Piala Raja (Copa del Rey). Selebihnya, La Liga, Liga Champions, dan terakhir Piala Super Spanyol, menjadi milik Barcelona.

Entah karena kalah bersaing atau terbiasa bermulut besar, pasca kekalahan dari Barcelona, Mourinho berkoar dengan menyebutkan bahwa Barcelona hanyalah ‘tim kecil’. Alasannya bukan karena Real Madrid nyatanya bisa mengimbangi El Barca dalam dua laga Piala Super Spanyol awal musim ini. Melainkan, karena kejadian setengah konyol.

Kata Mourinho tentang Piala Super Spanyol, “Real Madrid telah memberikan penampilan spektakuler sejak menit pertama hingga terakhir. Kami datang ke sini (Camp Nou) untuk bermain. Yang saya katakana bukanlah kritik. Saya hanya memaparkan fakta: tidak ada ball boys (pemungut bola untuk pemain) pada babak kedua yang hanya bisa dilakukan oleh tim kecil ketika menghadapi kesulitan (atas lawannya). Saya tidak akan berkata bahwa kami bahagia tidak memenangkan Piala Super Spanyol. Jika berkata demikian, tentu saya munafik. Tapi kami (Real Madrid) bermain seperti lelaki dan tidak jatuh hanya karena kontak fisik ringan.”

Mourinho boleh berkata seperti itu. Yang jelas, semua orang di dunia menyaksikan bahwa pemain Real Madrid lebih suka bermain kung fu ketika berhadapan dengan Barcelona, termasuk tackle tolol Marcelo pada Cesc Fabregas di menit-menit akhir pertandingan; yang membuat rekor pemain Madrid terkena lima kartu merah dalam tujuh laga menghadapi Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda