Scroll to Top

Tips Membangun Kepercayaan Diri

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 30 Dec 2012

percaya diri

Tidak semua orang mampu memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai masalah. Kadang kala, orang dengan krisis percaya diri ini kerap mengeluarkan keringat dingin kala menghadapi suatu keadaan yang dia minder tidak mampu mengatasinya. Akhirnya, orang tersebut terlalu tenggelam dengan impiannya tanpa mampu berbuat lebih banyak untuk mewujudkannya.

Jika Anda salah satu orang yang memiliki krisis percaya diri, tips berikut ini mungkin bisa membantu:

  1. Yakini bahwa Anda bisa keluar dari krisis percaya diri. Tidak mudah bagi orang yang suka minder untuk keluar dari masalah ini. Untuk itu, cobalah untuk meyakinkan diri bahwa Anda mampu untuk bangkit dan berniatlah mengakhiri krisis tersebut.  Niat yang kuat adalah modal utama menuju keberhasilan. Anda juga perlu memahami bahwa Anda punya kualitas yang sama seperti orang lain untuk menjadi sosok yang luar biasa.
  2. Bercermin dan tersenyumlah pada diri Anda sendiri. Konon inilah salah satu cara untuk bisa menghargai diri sendiri. Dengan begitu, Anda lebih mampu mengekspresikan diri dan lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan diri. Mood Anda juga akan lebih baik ketika mampu menghargai diri sendiri.
  3. Cobalah untuk rutin berolahraga. Olahraga akan memacu hormon adrenalin yang akan membuat Anda lebih sehat, tenang, dan bahagia.
  4. Jauhi perasaan cemburu pada orang lain. Jika Anda ingin sukses seperti orang lain, alihkan rasa iri menjadi sesuatu yang positif. Tidak perlu Anda berniat jahat untuk mengambil kesuksesan milik orang lain. Sebaliknya, Anda mesti memacu diri untuk bisa sukses seperti yang lain.
  5. Memperbaiki penampilan. Ada kalanya Anda mesti mengeluarkan uang sedikit lebih untuk menunjang penampilan menjadi lebih baik. Misalnya membeli sepatu, baju, dan sebagainya. Penampilan yang baik bisa menunjang kepercayaan diri.
  6. Biasakan untuk selalu berpikir dan berbicara secara positif. Misalnya, motivasi diri Anda untuk selalu pantang menyerah dengan masalah. Berhentilah untuk mengatakan “tidak bisa”. Tapi, tirulah semangat seperti ilmuwan Thomas Alva Edison dalam menemukan bola lampu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda