Scroll to Top

700 Kuman Bersarang di Lingkar Setir Mobil

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 Aug 2011

Sekalipun mobil kerap dibersihkan, tidak menjamin kuman tidak bersarang di sana. Lingkar kemudi, misalnya, ada sekitar 700 kuman berbahaya yang siap memberikan risiko pada kesehatan. Kebanyakan, kuman menempel pada lingkar kemudi karena kebiasaan menyetir sambil makan. Dan, keengganan untuk membersihkannya membuat kuman makin senang bersarang di sana.

Berdasarkan penelitian, kuman suka menjadikan mobil sebagai kediamannya. Makanan yang tertinggal, karena jatuh atau alasan lain, menjadi salah satu pencetus hadirnya kuman. Dari survey yang dilakukan Biomedical Science of Queen Mary University, London, 42 persen pengemudi yang menjadi responden gemar menyetir sambil makan dan jarang membersihkan lingkar kemudinya. “Dan kendaraan jadi seperti tong sampah,” kata Dr. Ron Cutler.

Dari ratusan bakteri itu, bakteri  bacullus cereus adalah yang paling banyak ditemukan selain arthrobacter. Bacullus cereus merupakan bakteri penyebab racun pada nasi, pasta, kentang, dan kue basah.

Bagian mobil yang lebih parah lagi mengandung kuman adalah bagasi. Karena, setiap satu setengah inci persegi terdapat seribu bakteri membahayakan. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan mobil Anda sesering mungkin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda