Scroll to Top

Celah Keamanan Internet Explorer Mungkinkan Hacker Bajak Komputer Pengguna

By Ditya / Published on Monday, 31 Dec 2012

celah Internet Explorer

Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa celah keamanan pada browser Internet Explorer yang populer dengan sebutan zero-day ini memungkinkan hacker atau penyerang untuk membajak dan mengambil kontrol komputer milik pengguna.

Celah keamanan ini dapat dimanfaatkan ketika pengguna berselancar ke sebuah situs berbahaya dari komputer yang menggunakan sistem operasi Windows dan menggunakan browser Internet Explorer versi lama.

Perusahaan yang berbasis di Redmond ini mengakui bahwa browser Internet Explorer versi lama yang meliputi Internet Explorer 6, 7, dan 8 diketahui memiliki celah keamanan zero-day yang dapat dimanfaatkan oleh hacker atau penyerang untuk membajak komputer milik pengguna.

“Microsoft menyadari serangan yang ditargetkan yang mencoba untuk mengeksploitasi kerentanan ini melalui Internet Explorer 6,7, dan 8. Browser Internet Explorer versi baru termasuk Internet Explorer 9 dan 10 tidak terpengaruh,” kata Microsoft.

Penyerang dapat menggunakan situs website yang berisi exploit untuk mengeksploitasi celah keamanan browser Internet Explorer dan memaksa pengguna untuk mengunjungi situs ini melalui iklan. Ketika pengguna mengunjungi situs tersebut, maka penyerang akan memanfaatkan celah keamanan untuk melakukan serangan.

“Kami juga dapat mengkonfirmasi bahwa konten berbahaya yang di-host di website tidak muncul untuk menggunakan Adobe Flash untuk menghasilkan serangan heap spray terhadap Internet Explorer versi 8.0 (meski sudah di-patch), yang merupakan sumber kerentanan zero-day,” tulis Darien Kindlund, ilmuwan senior di perusahaan keamanan FireEye.

Seperti yang dilansir dari CNET (30/12/2012), belum ada tanggapan resmi dari Microsoft untuk menambal celah keamanan pada browser Internet Explorer versi lawas ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda