Scroll to Top

TwitPic Terdeteksi Sebagai Malware Oleh Google

By Ditya / Published on Monday, 31 Dec 2012

Twitpic Malware

Situs hosting gambar yang populer dikalangan pengguna Twitter, TwitPic, terdeteksi sebagai situs yang mengandung malware oleh malware checker engine besutan Google. Hal ini membuat situs hosting gambar populer ini bingung dan melakukan komplain ke raksasa mesin pencari tersebut.

Pengguna yang mengunjungi situs TwitPic menggunakan browser populer seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Apple Safari akan diblok dan disuguhi peringatan visiting it now is very likely to infect your computer with malware.

Pihak TwitPic sendiri membantah melalui akun Twitter-nya bahwa situsnya tidak terinfeksi malware dan TwitPic segera menghubungi Google untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jelas, pengguna akan panik ketika mendapat pesan bahwa situs TwitPic mengandung malware.

Google sendiri memiliki sebuah engine malware checker yang disebut dengan Safe Browsing API (Application Programming Interface) yang dirancang oleh raksasa mesin pencari ini untuk melindungi pengguna dari serangan malware yang merugikan.

Google mengatakan bahwa Safe Browsing API ini cukup ampuh untuk mengurangi resiko terinfeksi malware dan pada bulan Juli lalu, Google mengklaim telah menemukan 9.500 situs baru yang mengandung malware termasuk situs yang diserang oleh hacker maupun situs yang memang dibuat untuk kejahatan.

Raksasa internet ini juga mengatakan bahwa Safe Browsing API miliknya telah mengirimkan jutaan peringatan pada pengguna browser Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Apple Safari tentang malware dan phising pada situs yang dikunjungi pengguna.

Seperti yang dilansir dari CNET (30/12/2012), Google dikabarkan telah melakukan tindakan untuk mengatasi masalah false alarm yang membuat situs TwitPic seolah-olah terinfeksi malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda