Scroll to Top

Sony PS 4 akan Miliki Fitur Graphics Switching?

By Ditya / Published on Monday, 31 Dec 2012

PlayStation 4 Concept

Setelah sempat tenggelam, kini muncul kembali kabar terbaru mengenai konsol game terbaru besutan Sony, yakni PlayStation 4 atau PS 4. Kabarnya, PS 4 dibekali fasilitas Graphics Switching yang memungkinkan pengguna memilih kartu grafis yang aktif digunakan oleh konsol.

Teknologi Graphics Switching atau GPU Switching ini sebenarnya bukanlah teknologi baru. Teknologi ini telah lama ada di Notebook yang memiliki fasilitas dual graphics, sehingga pengguna dapat memilih kartu grafis yang digunakan dalam rangka menghemat daya baterai.

Hal ini diperkuat oleh pengajuan paten Sony mengenai teknologi graphics switching berbunyi “dynamic context switching between architecturally distinct graphics processors”. Paten ini telah diajukan Sony pada tahun 2009 dan diterbitkan pada tahun 2010.

Selain paten tersebut, penggunaan teknologi graphics switching ini diperkuat dengan bocoran spesifikasi konsol PS 4 yang ditenagai oleh platform AMD APU (Accelerated Processing Unit) Trinity A10 yang dimodifikasi dan memiliki fasilitas dual graphics, sehingga memungkinkan untuk memiliki fitur graphics switching.

Sony PS 4 akan ditenagai oleh AMD APU A10 yang dimodifikasi dan didukung oleh karu grafis AMD Radeon seri 7000. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berpindah (switch) dari grafis bawaan AMD APU ke AMD Radeon seri 7000 atau sebaliknya.

Pengguna juga dapat mengaktifkan kedua grafis sekaligus untuk mendapatkan performa grafis maksimal dan menghadirkan pengalaman bermain game yang luar biasa.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (30/12/2012), Konsol Sony PS 4 yang menggunakan kode nama Orbis ini nantinya akan dibekali dengan Blu-ray dan dilengkapi dengan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) berukuran 256 GB. Konsol PS 4 ini juga diklaim mampu menjalankan game dengan resolusi HD 1080p hingga 60 fps (frame per second).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda