Scroll to Top

Polri Didesak Tangkap Pemain Asing Yang Tak Punya Izin Kerja

By Agus Prasetyo / Published on Monday, 31 Dec 2012

PSSI ISL

Kompetisi Indonesian Super League (ISL) ataupun Indonesian Premier League (IPL), memang menjadi magnet tersendiri bagi beberapa pemain asing. Alhasil di antara mereka berani mengadu nasib, untuk hidup di Indonesia sebagai pemain sepakbola.

Namun Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyarankan kepada pihak Kepolisian Republik Indonesia, agar segera melakukan penangkapan bagi para pemain asing yang tidak memiliki izin kerja di Indonesia.

IPW menduga izin tinggal para pemain asing itu banyak yang sudah habis sehingga mereka tidak memiliki izin kerja, namun mereka akan dikaryakan di kompetisi ISL dan IPL.

“Kami mengimbau Polri agar tidak memberi izin penyelenggaraan ISL dan IPL karena mengaryakan pemain asing yang tidak memiliki izin tinggal dan izin kerja” jelas Neta S Pane, Senin (31/12/12).

IPW memperkirakan terdapat sekitar 330 pemain asing yang bercokol di setiap musim kompetisi di Indonesia.

Untuk Liga Super (ISL dan IPL) ada 150 pemain asing dan untuk Divisi Utama ada 180 pemain asing.

Hingga saat ini kompetisi sudah berlangsung 14 musim. Setiap musim rata-rata bertambah 20-30 persen pemain asing, sehingga diperkirakan sedikitnya ada 500 pemain asing di Indonesia saat ini.

“Pertanyaannya apakah jika tidak ada kompetisi, para pemain asing itu kembali ke negaranya? Apakah jika mereka tidak dipakai lagi oleh klub-klub di ISL dan IPL, mereka pulang ke negaranya?”

“Ternyata tidak, para Pemain Asing itu tetap berkeliaran di Indonesia. Sebagian besar main di Tarkam, sebagian dari mereka menjadi orang terlantar di negeri orang karena gajinya tak kunjung dibayar klub di ISL dan IPL” tambah Neta seperti yang dilansir Tribunnews.

Untuk itu IPW mendesak POA (Pengawasan Orang Asing) Polri segera memburu dan menangkap para pemain asing yang tidak memiliki izin tersebut untuk kemudian mendeportasinya.

Tujuannya agar para pemain asing itu tidak menjadi manusia terlantar di Indonesia, yang akan menggangu kamtibmas dan membuat keresahan bagi pemain lokal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda