Scroll to Top

Anak Bersikap Baik Disukai Banyak Kawan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 01 Jan 2013

nice kids

Tidak perlu menjadi artis untuk menjadi orang yang populer dan disukai banyak orang. Termasuk bagi anak-anak, mereka bisa menjadi sosok yang dicintai teman-temannya asal tingkah lakunya selalu menunjukkan sikap yang baik. Menjadi anak yang manis dan berlaku lurus, membuat teman-temannya gembira dan mereka mau berteman lebih dekat. Demikian menurut studi yang dilakukan Universitas California di Amerika Serikat.

Peneliti menemukan, tindakan positif yang dilakukan seorang anak bisa mempengaruhi penilaian teman mereka tentang dirinya. Sikap baik, bahkan mampu mencegah anak yang melakukannya terhindar dari bullying atau ancaman. Pengaruh tersebut dapat muncul dari perilaku positif yang dikerjakan secara sengaja dan diniatkan.

“Tindakan baik, yang sederhana sekalipun, bisa membuat anak lebih diterima temannya dan bahkan bisa mencegah bullying atau tekanan-tekanan yang merendahkan,” tulis studi seperti dikutip BBC.

Dalam studi ini dilibatkan anak-anak berusia 9-11 tahun. Mereka diminta untuk bersikap baik selama empat minggu. Tiga tindakan baik diharuskan untuk dicatatkan. Mereka juga diminta untuk memberitahukan nama teman yang diingininya agar bisa melakukan kegiatan bersama.

Hasilnya, perbuatan baik yang dikerjakan anak-anak ini ternyata memperkuat rasa pertemanan di antara mereka. Sekalipun hanya dengan perbuatan sederhana, rasa simpati yang ditunjukkan oleh teman-teman mereka juga sebanding positifnya.

“Temuan yang paling menarik bagi saya adalah tindakan positif yang sederhana bisa meningkatkan hubungan antar teman,” kata Dr Kristin Layous, peneliti, yang studinya ini dimuat dalam jurnal PLoS One.

Dicontohkan Layous, tindakan baik ini mungkin terlihat sepele. Misalnya membantu membersihkan kelas, berbagi makanan kala di sekolah, atau membantu teman yang mengalami kesulitan. Semua tindakan yang baik, akan kembali ke pelakunya dengan respons yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda