Scroll to Top

Samsung Luncurkan Smartphone Tizen Pertama Tahun 2013?

By Ditya / Published on Tuesday, 01 Jan 2013

Samsung

Samsung dikabarkan akan meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi Tizen pada tahun 2013. NTT DoCoMo, operator asal Jepang dan beberapa operator lainnya akan menjadi mitra Samsung untuk menjual smartphone dengan sistem operasi Tizen.

Tizen sendiri adalah sistem operasi yang berbasis Linux yang muncul setelah proyek MeeGo besutan Nokia dan Intel berhenti. Awalnya, Nokia menggandeng Intel untuk mengembangkan sistem operasi MeeGo, akan tetapi Nokia memutuskan untuk menghentikan proyek MeeGo dan kini diambil alih oleh Samsung dan berganti nama menjadi Tizen.

Raksasa elektronik asak Korea Selatan ini sebenarnya telah memiliki sistem operasi sendiri yang digunakan pada jajaran smartphone Wave, yakni Bada OS. Ada spekulasi yang menyebutkan bahwa Samsung akan menggabungkan proyek Bada OS yang dinilai kurang sukses dengan Tizen.

Sistem operasi Tizen ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang cukup kuat selain iOS dan Android yang telah mendominasi pasar. Gabungan platform Android dan iOS telah menguasai pasar smartphone hingga lebih dari 80%.

Sistem operasi Tizen ini kabarnya tak hanya digunakan pada smartphone saja, tapi juga TV dan tablet. Samsung sendiri telah memiliki jajaran Samsung SmartTV yang merupakan platform TV pintar besutan Samsung.

Pembesut smartphone Galaxy ini memiliki jajaran produk yang terdiri dari banyak sistem operasi, sebut saja Galaxy dengan sistem operasi Android, ATIV dengan sistem operasi Windows Phone, dan Wave yang mengusung sistem operasi Bada.

Seperti yang dilansir dari CNET (31/12/2012), sampai berita ini diturunkan, tak ada tanggapan atau komentar resmi dari Samsung mengenai kehadiran smartphone berbasis sistem operasi Tizen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda