Scroll to Top

Tablet Tidak akan Bunuh Pasar PC, Menurut Analis

By Ditya / Published on Tuesday, 01 Jan 2013

PC desktop

Saat ini popularitas gadget tablet terus meroket dan pasar tablet kini layaknya kue pasar yang diperebutkan oleh produsen tablet. Hal yang berbeda terjadi pada PC yang mengalami penurunan permintaan, terutama PC desktop. Meskipun demikian, analis memperkirakan bahwa popularitas tablet tak akan membunuh pasar PC.

Popularitas tablet terlihat dari statistik aktivasi perangkat pada saat Natal yang mencapai 17,4 juta perangkat tablet yang meliputi tablet yang berbasis Apple iOS dan Google Android. Berbeda dengan tablet, permintaan pasar terhadap PC terutama PC desktop cenderung turun.

Meskipun demikian, produsen PC tak menyalahkan kehadiran tablet, tetapi sering menyalahkan faktor ekonomi makro adalah penyebab utama menurunnya permintaan pasar terhadap PC.

Tablet tak akan membunuh pasar PC, tetapi tablet akan memaksa PC untuk terus berkembang,” tulis Frank Gillet, analis Forrester Research.

Frank Gillet juga menambahkan bahwa sebagian orang yang membeli tablet tahun ini, mungkin telah membeli PC desktop atau laptop terbaru tahun lalu. Tablet saat ini didambakan oleh sebagian besar pengguna yang membutuhkan perangkat komputasi dasar dengan kemampuan mobilitas tinggi.

PC desktop masih jauh dari kata kematian, karena saat ini masih banyak hal yang tidak mampu ditangani oleh perangkat seperti tablet. PC juga menawarkan kemampuan komputasi yang lebih kuat dan mampu menangani tugas yang berat sekalipun.

Seperti yang dilansir dari Hexus (31/12/2012), meskipun permintaan PC saat ini sedang turun, hal ini mungkin tak menjadi masalah bagi sebagian produsen PC, karena banyak pula produsen PC yang meluncurkan produk berupa tablet.

Beberapa produsen PC yang telah menelurkan produk tablet ke pasar antara lain adalah Acer dengan jajaran tablet Iconia dan Asus dengan jajaran produk Transformer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda