Scroll to Top

Ubuntu Linux Versi Touchscreen akan Segera Diluncurkan?

By Ditya / Published on Tuesday, 01 Jan 2013

Ubuntu touchscreen

Canonical dikabarkan akan merilis sistem operasi Ubuntu Linux versi touchscreen. Sebuah teaser telah diposting di situs resmi Ubuntu yang menampilkan hitung mundur sebuah rilis sistem operasi yang diduga kuat adalah rilis sistem operasi Ubuntu Linux yang telah dioptimalkan untuk media input touchscreen.

Ubuntu Linux sendiri adalah distribusi sistem operasi Linux populer besutan Canonical yang didirikan oleh Mark Shuttleworth. Baru-baru ini beredar kabar bahwa Canonical akan merilis sistem operasi Ubuntu Linux versi touchscreen.

Kemunculan sistem operasi Ubuntu Linux versi touchscreen ini diperkuat dengan munculnya countdown atau hitung mundur yang biasanya menandakan rilis versi baru dari sistem operasi Ubuntu Linux. Countdown tersebut mengusung tagline “So close, you can almost touch it” dan akan berakhir pada tanggal 2 Januari 2013 waktu setempat.

Beberapa pihak meragukan bahwa Canonical akan merilis sistem operasi Ubuntu Linux versi touchscreen dalam waktu dekat, karena Mark Shuttleworth yang merupakan pendiri Canonical pernah mengatakan bahwa Ubuntu Linux akan mendukung multi perangkat seperti tablet dan mobile pada rilis Ubuntu Linux 14.04 yang akan dirilis pada tahun 2014 mendatang.

Awal tahun 2012, Canonical mengumumkan kehadiran platform Ubuntu for Android yang dirancang untuk memberikan pengalaman menggunakan desktop Ubuntuk secara penuh melalui smartphone Android yang terhubung dengan PC.

Tak hanya itu, Canonical juga membawa antarmuka HUD pada rilis sistem operasi Ubuntu Linux 12.04 LTS yang menawarkan kemudahan akses menu dengan mengetikan beberapa baris perintah, serta perbaikan pada toko aplikasi Ubuntu Software Center.

Seperti yang dilansir dari The Verge (01/01/2013), perlu menunggu hingga 28 jam kedepan untuk memastikan apakah sistem operasi yang akan dirilis Canonical seperti pada teaser di situs Ubuntu adalah Ubuntu Linux versi touchscreen atau bukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda